HOME » BERITA » BAYAR PAJAK KENDARAAN TAK LAGI PERLU KE SAMSAT, BEGINI CARANYA

Bayar Pajak Kendaraan Tak Lagi Perlu ke Samsat, Begini Caranya

Cara membayar pajak kendaraan bermotor tak harus datang ke kantor Samsat. Seperti yang diterapkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kini bayar pajak bisa di mini market.

Selasa, 30 April 2019 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Bayar Pajak Kendaraan Tak Lagi Perlu ke Samsat, Begini Caranya
Ilustrasi pembayaran pajak kendaraan bermotor (Liputan6.com/Angga Yuniar)

OTOSIA.COM - Setelah Pemerintah Provinsi Jawa Barat berinovasi bayar pajak bisa lewat Bukalapak dan minimarket, kini inovasi itu tertular ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Masyarakat Jawa Timur kini tak lagi harus mendatangi Samsat untuk membayar pajak kendaraannya. Pemilik kendaraan cukup mendatangi mini market, Indomaret terdekat di manaoun berada untuk membayar pajak kendaraan.

Lewat akun Instagram pribadinya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (@khofifah.ip), menyebutkan bahwa setelah membayar, pemilik kendaraan juga tak perlu menyambangi kantor Samsat untuk mencetak.

Screenshot informasi pembayaran pajak di Jawa Timur (Instagram/khofifah.ip)

"Khusus warga Jawa Timur. Mulai sekarang tidak usah repot-repot datang ke Kantor Samsat untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor. Cukup dari minimarket (Indomaret) terdekat dimana pun berada untuk melakukan pembayaran. Setelahnya, tidak usah pula datang ke Samsat untuk mencetak, karena kamu akan memperoleh e-TBPKP yang bisa disimpan di ponsel atau dicetak sendiri," begitu penjelasan Khofifah pada kolom keterangan foto.

Layanan mudah ini sudah berlaku di Jawa Timur. Hanya saja, menurut Kasubbag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni, layanan ini masih berlaku untuk wilayah Surabaya.

"Sementara yang sudah berjalan baru di Surabaya. Sementara wilayah jajaran Jatim masih bertahap, dalam prosesn," jelas Heni, sapaan akrabnya, kepada Otosia.com lewat pesan singkat, Selasa (30/4/2019).

1 dari 1 Halaman

Telat Bayar Pajak Bisa Jomblo

Bayar Pajak Kendaraan Tak Lagi Perlu ke Samsat, Begini CaranyaTelat Bayar Pajak Bisa Jomblo

Dengan adanya kemudahan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur tersebut, diharapkan para pemilik kendaraan tak lagi menunggak pajak. Apalagi beralasan tak ada waktu untuk mengantre di kantor Samsat.

Sebab, jika terlambat membayar pajak dampaknya juga akan merugikan diri sendiri. Saat ada operasi dari kepolisian, bisa saja Otolovers ditilang. Begitu ingin mengurus dokumennya, otolovers juga bisa saja didenda karena menunggak.

Terima kasih kepada Kepolisian Jawa Timur yang memulai layanan super efektif bagi masyarakat Jatim. Pemprov Jatim juga ingin semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Jangan sampai kamu menjadi tidak produktif, terus menjomblo, dan akhirnya terlambat menikah hanya karena waktunya dihabiskan untuk mengurus dokumen kendaraan bermotor. Maturnuwun, lanjut penjelasan Khofifah di Instagram pribadinya.

 

BERI KOMENTAR