HOME » BERITA » BEBAS POLUSI, MINI LAWAS DISULAP JADI MOBIL LISTRIK BERKELAS

Bebas Polusi, MINI Lawas Disulap jadi Mobil Listrik Berkelas

Mobil listrik digadang-gadang menjadi mobil masa depan, namun harganya yang terbilang belum terjangkau. Sebuah pabrikan berspesialis elektrifikasi mobil di Inggris pun mengubah beberapa mobil menjadi mobil listrik, termasuk mobil MINI lawas ikonik.

Kamis, 17 Juni 2021 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
Bebas Polusi, MINI Lawas Disulap jadi Mobil Listrik Berkelas
Mobil MINI tua diubah jadi mobil listrik (Autocar.co.uk)

OTOSIA.COM - Pecinta serial Mr. Bean, tentu tak asing dengan mobil ikonik yang sering dipakai oleh karakter yang diperankan Rowan Atkinson itu. Mobil itu lansiran MINI, dengan desain timeless mobil tersebut punya tampilan unik.

MINI terebut mulana merupakan mobil yang menggunakan mesin A-series milik Austin. Mesin mungil itu sudah lebih dari cukup untuk mendorong berat mobil berbobot 580 kg hingga 686 kg.

Mobil tua itu masih menggunakan mesin pembakaran internal. Namun kini, MINI lawas itu disulap menjadi mobil listrik oleh sebuah pabrikan asal Inggris spesialis konversi mobil listrik, London Electric Cars (LEC).

1 dari 2 Halaman

(c) Autocar.co.uk

LEC memodifikasi MINI tersebut dengan mengganti mesin pembakaran internal menggunakan baterai dan motor listrik milik Nissan Leaf bekas. Konvesi ini menggunakan baterai berkapasitas 20 kWh, namun kapasitas ini bisa ditingkatkan.

Founder LEC, Matthew Quitter menjelaskan kepada Autocar UK, Kamis (10/06/2021), kenapa MINI klasik menjadi landasan perubahan elektrik tersebut. "Sebagai penggemar mobil klasik dan penyokong elektrifikasi yang terjangkau dan berkelanjutan, bagi kami MINI menjadi pilihan yang tepat," jelasnya.

Matthew juga menambahkan bahwa dengan konversi EV ini, mereka hendak menawarkan pilihan yang menarik bagi penduduk perkotaan untuk menerabas kemacetan tanpa penghasilan polusi udara.

2 dari 2 Halaman

Selain itu, penggunaan powertrain bekas dari Nissan Leaf juga untuk menekan biaya produksi dan material yang berkelanjutan. Selanjutnya, LEC berencana untuk menggunakan ulang dan memperbarui hardware komputer dan baterai yang ada di traction packs dan teknologi manufaktur untuk mengelektrifikasi MINI listrik.

Tak hanya MINI, London Electric Cars sudah mengkonversi mobil-mobil lain, mulai dari Land Rover, Morris Minor dan Morris Traveller. Semua model bebas dari pajak berkendara di Inggris.

Tertarik? Jarak tempuh mobil ini di kisaran 97-113km dan dibanderol harga GBP 25,000 atau setara dengan Rp501 jutaan (kurs GBP 1 = Rp 20.078). Ratar-rata pengerjaan konversi mobil konvensional ke mobil listrik memakan waktu sekitar 6 bulan.

Penulis: Arendra Pranayaditya

BERI KOMENTAR