HOME » BERITA » BEDA HONDA BEAT 2020 DENGAN GENIO YANG PAKAI SASIS DAN MESIN SAMA

Beda Honda BeAT 2020 dengan Genio yang Pakai Sasis dan Mesin Sama

All New Honda BeAT 2020 hadir dengan platform baru. Meski sasis dan mesin BeAT terbaru sama dengan Genio, Honda mengklaim keduanya berbeda.

Kamis, 16 Januari 2020 20:08 Editor : Dini Arining Tyas
Beda Honda BeAT 2020 dengan Genio yang Pakai Sasis dan Mesin Sama
All New Honda BeAT 2020 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan All New Honda Beat Series di JIExpo, Kamayoran Jakarta, Kamis (16/1/2020). Menariknya, Honda BeAT 2020 ini disebut memakai platform baru, yang berbasis Honda Genio.

Meski begitu, Honda membantah bahwa rasa berkendara Honda BeAT terbaru mirip dengan Genio. AHM menyebutkan beberapa perbedaan mendasar antara BeAT 2020 dengan Genio, meskipun keduanya menggunakan sasis dan mesin yang sama.

"Secara garis besar layout mesin All New Honda BeAT Series sama dengan Genio. Namun Beat memiliki setingan khusus yang disesuaikan dengan keperluan konsumen. Perbedaan besar ada di setting air cleaner dan fuel injection sistem," kata Beat Large Project Leader Honda Motor Co., Ltd, Makoto Dohi.

Sedangkan penggunaan rangka BeAt 2020 dan Genio memang diakui sama, yakni rangka eSAF yang membuat kedua kendaraan itu lebih lincah karena lebih ringan. "Untuk rangka memang sama eSAF tapi suspensi BeAT tersendiri khusus," tambahnya

1 dari 3 Halaman

Beda Honda BeAT 2020 dengan Genio yang Pakai Sasis dan Mesin Sama

All New Honda Beat series menggunakan generasi terbaru mesin 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Penyematan teknologi mesin terbaru ini, mampu menghasilkan tenaga 6.6 kW pada 7.500 rpm dengan torsi maksimal di 9.3 Nm pada 5.500 rpm.

"Selain perbedaan konsep, konsumen dua motor ini juga berbeda. Genio lebih ke generasi milenial yang lebih mengedepankan gaya kekinian, sementara Beat Series untuk digunakan dan mendukung kegiatan sehari-hari," timpal Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya.

Thomas juga menyanggah jika Beat dan Genio akan saling makan di pasaran lantaran punya kemiripan secara teknis. "Secara konsep produk dan desain antara Beat series dan Genio ada perbedaan. Beat series lebih kearah sporti, sementara Genio lebih fashionable," tangkis Thomas.

2 dari 3 Halaman

Beda Honda BeAT 2020 dengan Genio yang Pakai Sasis dan Mesin Sama

Honda Beat terbaru sanggup berakselerasi 12,5 detik dari posisi 0-200 m, top speed 94 km/jam, konsumsi bahan bakar 60,6 km/liter, serta dalam kondisi tangki penuh bisa menjelajah 254 km.

Honda Beat 2020 sendiri memiliki tipe CBS (Combi Brake System) dan CBS-ISS (Idling Stop System) dengan 9 warna pilihan. Untuk tipe CBS Sporty Metro tersedia warna funk red black, tecno blue white, hard rock black, dance white.

Tipe CBS ISS (Idling Stop System) Active Premium punya warna garage black, fusion magenta black, dan electro blue. Sedangkan Beat Deluxe CBS-ISS Stylish Modern menyodorkan warna deluxe silver dan deluxe black, serta tipe Street Urban Art terdiri dari warna street black, street silver, dan stree silver black.

3 dari 3 Halaman

Beda Honda BeAT 2020 dengan Genio yang Pakai Sasis dan Mesin Sama

All New Beat punya garis bodi dinamis, striping modern dan lampu utama LED, panel meter kombinasi analog dan digital dengan paduan lcd warna biru dan hitam, power charger, dan secure key shutter with seat opener yang terintegrasi dengan kunci utama.

All New Honda Beat tipe CBS dibanderol Rp 16.450.000, varian CBS-ISS dijual Rp 17.150.000, dan tipe Deluxe series (CBS-ISS) dipasarkan dengan harga Rp 17.250.000. Semua adalah harga on the road Jakarta.

BERI KOMENTAR