HOME » BERITA » BEDA RP 5 JUTA, PILIH HYUNDAI IONIQ 5 TERMURAH ATAU HYUNDAI IONIQ TERMAHAL?

Beda Rp 5 Juta, Pilih Hyundai IONIQ 5 Termurah atau Hyundai Ioniq Termahal?

Harga Hyundai IONIQ 5 termurah tidak jauh berbeda dengan Ioniq Electric termahal. Mobil mana yang lebih unggul?

Selasa, 26 April 2022 20:30 Editor : Arendra Pranayaditya
Beda Rp 5 Juta, Pilih Hyundai IONIQ 5 Termurah atau Hyundai Ioniq Termahal?
Hyundai IONIQ 5 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

OTOSIA.COM - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) beberapa waktu lalu merilis mobil listrik Hyundai IONIQ 5 yang dibuat di Indonesia. Tidak hanya itu, HMID juga mengungkapkan harga resmi mobil ini.

Khusus tipe termurah, IONIQ 5 Prime Standard dibanderol Rp 718 juta. Harga tersebut selisih Rp 5 juta dibanding mobil listrik Hyundai lainnya, yakni Ioniq Electric. Yang menarik Ioniq disini adalah tipe termahal Signature dengan paket fitur yang komplet.

Dengan perbedaan harga yang tidak jauh berbeda, mana yang lebih unggul?

1 dari 6 Halaman

Eksterior

Hyundai Ioniq Electric (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Untuk membahasanya bisa dimulai dari bagian luar. Kedua mobil listrik ini mengusung tampilan yang berbeda. Hyundai Ioniq Electric yang lebih dulu diperkenalkan di Indonesia mempunyai bentuk yang lebih membulat dan sleek, layaknya mobil sedan.

Sementara Hyundai IONIQ 5 mempunyai desain yang lebih mencolok. Mobil ini tampil dengan bodi retro nan futuristis, seperti pada lekukan khas di pilar C serta lampu depan dan belakang yang mengotak.

2 dari 6 Halaman

Yang menarik kedua desain mobil ini berbeda dengan segmen yang dituju. Hyundai Ioniq terlihat seperti sedan, namun masuk ke dalam kelas hatchback. Sedangkan IONIQ 5 sekilas nampak seperti hatchback, namun Hyundai mengkategorikan mobil ini sebagai SUV.

Secara kelengkapan fitur, kedua mobil listrik ini cukup sebanding. IONIQ 5 dan Ioniq Electric sama-sama dilengkapi lampu depan dan belakang LED, namun hanya Ioniq Electric yang dipasangkan sunroof di atap. Sebagai gantinya, IONIQ 5 mempunyai pelek lebih besar dengan ukuran 19 inci.

3 dari 6 Halaman

Interior

Interior Hyundai IONIQ 5 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Masuk ke dalam kedua mobil ini, di mana desain kabin IONIQ 5 lebih modern dan mewah dibanding Ioniq Electric. Selain lebih baru, IONIQ 5 mempunyai desain ruang mewah yang Hyundai sebut sebagai tema Living Space.

Hal ini tercapai melalui penggunaan wheelbase yang panjang sekitar 3 meter, bahkan lebih panjang dari SUV keluarga Hyundai Palisade. Tidak hanya itu Hyundai mengklaim interior mobil ini dilapisi bahan daur ulang, seperti botol plastik, namun tetap mempertahankan rasa layaknya mobil premium.

4 dari 6 Halaman

Sebaliknya kabin Hyundai Ioniq, meski tetap modern, kalah menarik dibanding IONIQ 5. Pada dasarnya interior mobil ini mirip seperti kepunyaan Hyundai Kona Electric, namun dengan posisi duduk yang tidak commanding.

Kendati demikian, Hyundai Ioniq jauh lebih lengkap dari segi fitur kenyamanan. Lantaran tipe termahal Signature, Hyundai telah menyematkan pendingin dan pemanas kursi, ambient lighting, serta wireless charging.

5 dari 6 Halaman

Keselamatan dan performa

Interior Hyundai Ioniq Electric (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Perbedaan paling mencolok ada di segmen keselamatan kedua mobil ini. Hyundai IONIQ 5 termurah hanya dilengkapi sistem keselamatan standar, di antaranya ABS, Hill Start AssistElectronic Stability Control, kamera mundur, rem parkir elektrik dengan Auto Hold dan airbags.

Seluruh peranti keselamatan pada IONIQ 5 termurah juga tersedia di Ioniq Electric. Namun mobil ini mendatkan 2 tambahan fitur safety, yakni Blind Spot Warning dan Rear Cross Trafic Alert.

Hyundai IONIQ 5 lebih unggul dari sisi performa. Tipe termurah Prime Standard dibekali motor listrik dengan semburan tenaga 170 PS dan torsi 350 Nm. Akeselerasi 0-100km/jam cukup ditempuh dalam waktu 8.5 detik.

6 dari 6 Halaman

Hyundai IONIQ 5 dengan pelek 19 inci (paultan.org)

SUV unik ini dibenamkan baterai berukuran 58 kWh yang diklaim dapat membuat mobil ini melaju sejauh 384 km dalam sekali pengecasan. Seluruh daya pacu ini disalurkan ke roda belakang (RWD).

Sedangkan motor listrik bawaan Hyundai Ioniq Electric menghasilkan output 141 PS dengan torsi 295 Nm. Hyundai mencatat hatchback ini dapat melejit dari 0-100 km/jam dalam waktu 9.9 detik.

Baterai bawaan Ioniq biasa berkapasitas 38.3 kWh dengan klaim jarak tempuh sejauh 373 km. Mobil ini menyalurkan tenaganya ke roda depan(FWD).

Untuk harga, Hyundai IONIQ 5 termurah Prime Standard dijual Rp 718 juta. Lalu Ioniq lainnya bertipe Signature dibanderol Rp 723 juta.

BERI KOMENTAR