HOME » BERITA » BEDA RP 70 JUTA, MENDING ALL NEW HONDA CITY SEDAN ATAU TOYOTA VIOS?

Beda Rp 70 Juta, Mending All New Honda City Sedan atau Toyota Vios?

Honda City terbaru mempunyai banderol lebih tinggi dibanding rival terdekatnya Toyota Vios. Lebih bagus yang mana?

Rabu, 01 Desember 2021 20:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Beda Rp 70 Juta, Mending All New Honda City Sedan atau Toyota Vios?
Honda City sedan terbaru dan Toyota Vios (HPM, TAM)

OTOSIA.COM - PT Honda Prospect Motor (HPM) belum lama ini resmi merilis Honda City Sedan terbaru. Peluncuran mobil tersebut dilakukan bersamaan dengan debut All New Honda Civic generasi kesebelas.

Honda City sedan hadir dengan tampilan baru dari luar hingga dalam. Pada dasarnya mobil tersebut mengusung tampilan dari Honda City hatchback, namun diberi 'buntut' untuk membuatnya menjadi sedan.

Sebaliknya lawan dari Honda City sedan, Toyota Vios, hingga kini belum mendapatkan perubahan sama sekali. Sedan tersebut masih mengusung tampilan lama, tidak seperti Yaris yang mendapatkan facelift di tahun 2020.

Lantas dengan minimnya perubahan pada Toyota Vios, apakah masih sebanding dengan Honda City sedan terbaru?

1 dari 6 Halaman

Eksterior

Sisi belakang Toyota Vios (TAM)

Secara eksterior Honda City sedan terlihat lebih fresh dan modern. Mengusung tampilan dari City hatchback, versi sedan ini mempunyai styling yang lebih mewah. Mobil tersebut tidak memiliki aksen-aksen hitam di bagian pintu, spion, dan bahkan warna roda.

Selain perbedaan desain, City sedan sudah dilengkapi pencahayaan LED, mulai dari lampu depan dan belakang, hingga lampu kabut. Sementara pelek bawaannya berukuran 16 inci berwarna perak.

2 dari 6 Halaman

Di sisi lain, Toyota Vios terlihat cukup ketinggalan zaman tanpa adanya facelift. Fascia mobil tersebut mengambil bahasa desain dari Yaris ?Joker? yang diperkenalkan pada tahun 2018. Alhasil lampu depan mobil ini sepenuhnya masih halogen.

Kendati demikian Toyota Vios dibekali lampu belakang LED, pelek berwarna two tone 16 inci model kipas, dan ada Daytime Running Lights (DRL) LED di bumper depan.

3 dari 6 Halaman

Interior

Interior Toyota Vios dan Honda City sedan (TAM, HPM)

Sama seperti eksterior, interior Honda City sedan terbaru mengusung tampilan elegan. Mayoritas panel-panel pada mobil itu diberi warna hitam dengan aksen-aksen silver, mulai dari jok, konsol tengah, hingga setir.

Kabin mobil itu juga dilengkapi fitur dengan adanya ventilasi AC dan armrest di baris kedua, AC digital otomatis, cruise controlhead unit dengan konektivitas ke Android Auto dan Apple CarPlay, paddle shift, setir dilapisi kulit dan MID monokrom.

4 dari 6 Halaman

Sementara Toyota Vios diberikan interior dengan kombinasi warna beige dengan beberapa aksen hitam. Bagian dalam sedan itu tidak jauh berbeda dengan Toyota Yaris, mengingat kedua mobil ini mempunyai basis yang sama.

Dari segi fitur Vios cukup mumpuni dengan adanya fitur-fitur seperti speedometer optitron dengan MID berwarna, AC digital otomatis, paddle shift dibalik lingkar kemudi, head unit dengan konektivitas ke handphone, dan setir sudah berbalut kulit.

Baik Vios maupun City sedan belum dilengkapi jok kulit.

5 dari 6 Halaman

Keselamatan dan performa

Sisi belakang Honda City sedan (Otosia.com/Arendra Pranayaditya))

Peranti keselamatan kedua mobil ini tidak jauh berbeda. Honda City sedan dan Toyota Vios masing-masing sudah dilengkapi Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), ABS, EBD, BA, keyless entry, serta sensor parkir belakang.

Yang berbeda, Honda City sedan sudah dilengkapi kamera mundur dan 6 airbags. Sedangkan Toyota Vios mempunyai 7 airbags, namun belum ada kamera mundur.

6 dari 6 Halaman

Urusan dapur pacu lebih unggul Honda City sedan. Mobil ini dibekali mesin 1.500cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 121 PS dan torsi puncak 145 Nm. Sedangkan Toyota Vios mengusung mesin 1.500cc naturally aspirated yang menghasilkan daya 107 PS dan torsi 140 Nm.

Kedua sedan ini menyalurkan seluruh daya pacu mesin ke roda depan melalui transmsisi CVT.

Untuk harga, Toyota Vios lebih lebih murah. Vios dibanderol mulai dari Rp 254,1 juta hingga tipe termahal G CVT dipasarkan Rp 283,3 juta. Sebaliknya, Honda City sedan terbaru lebih mahal dan hanya menawarkan satu varian dengan benderol Rp 355 juta.

BERI KOMENTAR