HOME » BERITA » SUBARU FORESTER 2.0 S EYESIGHT DIADU DENGAN HONDA CR-V PRESTIGE, ENAKAN BELI YANG MANA YA?

Subaru Forester 2.0 S EyeSight Diadu dengan Honda CR-V Prestige, Enakan Beli yang Mana ya?

Subaru Forester tipe tertinggi mempunyai selisih harga cukup dekat dengan salah satu Honda CR-V termahal. Siapa yang lebih unggul?

Jum'at, 20 Mei 2022 14:30 Editor : Arendra Pranayaditya
Subaru Forester 2.0 S EyeSight Diadu dengan Honda CR-V Prestige, Enakan Beli yang Mana ya?
Subaru Forester 2.0-i S EyeSight (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

OTOSIA.COM - Subaru kembali meramaikan pasar kendaraan roda empat di tanah air melalui PT Plaza Auto Mega. Sebagai tahap awal setelah sekian lama hengkang dari Indonesia, Plaza Auto Mega meluncurkan Subaru Forester sekaligus meresmikan diler 3S pertama mereka di Jakarta.

Subaru Forester di Indonesia hadir dalam dua varian, yakni 2.0i-L dan 2.0i-S EyeSight sebagai tipe tertinggi. Yang menarik, tipe 2.0i-S EyeSight mempunyai harga tidak jauh dari tipe termahal Honda CR-V.

Keduanya sama-sama bersaing di kelas Medium SUV. Lantas mana yang lebih unggul?

1 dari 6 Halaman

Eksterior

Honda CR-V Prestige (Honda)

Secara tampilan Subaru Forester cenderung tampil lebih gagah dibanding Honda CR-V. Bentuk bold dan kekar dari mobil ini terlihat dari penggunaan lampu depan LED dengan signature DRL berbentuk huruf ?C?, underguardbody claddingroof rack fungsional dan pelek two tone berukuran 18 inci.

Tidak hanya itu, bentuk bodi Subaru Forester didesain untuk melintasi jalan offroad. Subaru mengklaim bahwa mobil ini mempunyai ground clearance 220 mm, dengan departure angle 24.6 derajat dan approach angle 20 derajat.

2 dari 6 Halaman

Sementara Honda CR-V mempunyai bodi terbilang lebih mengarah ke bentuk SUV perkotaan atau urban, di mana bentuk bodi mobil cenderung membulat dan minim tarikan garis agresif. Dengan demikian bodi mobil ini kurang ideal untuk melintasi medan offroad yang lebih menantang.

Dari segi kelengkapan fitur, kedua SUV sama-sama mumpuni. Honda CR-V dan Subaru Forester sudah menggunakan lampu depan dan belakang LED, pelek berukuran 18 inci dan sudah dipasangkan sunroof.

3 dari 6 Halaman

Interior

Interior Subaru Forester 2.0-i S EyeSight (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Bagian interior kedua SUV ini boleh dibilang berimbang. Subaru Forester mengadopsi bentuk kabin yang cukup sporti melalui penggunaan interior berwarna hitam, beberapa lekukan dan bahkan dipasangkan pedal alumunium.

Sedangkan Honda CR-V mempunyai kabin dengan nuansa mewah. Meski menggunakan warna dasar yang sama, Honda memasangkan wood panel dan beberapa aksen-aksen brushed alumunium.

4 dari 6 Halaman

Kedua mobil ini juga mempunyai beberapa kesamaan dan perbedaan di interiornya. Honda CR-V dan Subaru Forester sudah dilengkapi AC dual zone, jok kulit elektrik, head unit multifungsi, pintu bagasi otomatis dan keyless entry dengan tombol start-stop.

Perbedaannya terletak di bagian bagasi. Honda CR-V di Indonesia dipasangkan kursi baris ketiga, membuat mobil ini lebih praktis. Lalu sunroof CR-V sudah panoramic dengan ukuran lebih besar dan speedometer sudah full digital.

Sebaliknya, Subaru Forester tidak ada kursi baris ketiga dan mempunyai sunroof berukuran standar. Namun tersedia dengan memory seat, sebuah fitur yang mengingat posisi berkendara yang ideal.

5 dari 6 Halaman

Keselamatan dan performa

Interior Honda CR-V (Honda)

Kedua SUV ini sama-sama dilengkapi fitur keselamatan aktif. Honda CR-V dibekali Honda Sensing dengan teknologi Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keep Assist (LKA), Road Departure Mitigation (RDM) dan Auto High Beam (AHB).

Sementara Subaru Forester dilengkapi teknologi EyeSight dengan kumpulan fitur yang lebih komplet. Selain itu kelengkapan lain berupa Pre-Collision Throttle ManagementLead Vehicle Departure AlertLane Sway Warning, dan Subaru Rear Vehicle Detection.

Honda CR-V dan Subaru Forester juga bersaing di sektor performa. Honda CR-V memboyong mesin 1.500cc turbo dengan output 190 PS dan torsi 240 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi CVT.

6 dari 6 Halaman

Sedangkan Subaru Forester mengusung mesin 2.000cc Boxer naturally aspirated yang menghasilkan tenaga 156 PS dan torsi 196 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurakan ke setiap roda dengan sistem Symmetrical AWD melalui girboks CVT.

Subaru Forester 2.0i-S Eyesight dibanderol Rp 659, 5 juta, sedangkan Honda CR-V Prestige dijual Rp 651,4 juta.

Dengan selisiih harga Rp 8 juta, pilih yang mana? Jika Subaru Forester lebih tangguh di medan offroaddan dilengkapi sistem AWD, maka sebaliknya Honda CR-V cukup praktis dengan adanya kursi baris ketiga.

BERI KOMENTAR