HOME » BERITA » BEDA RP100 RIBU, MENDING BELI HONDA BEAT ATAU YAMAHA GEAR 125?

Beda Rp100 Ribu, Mending Beli Honda Beat atau Yamaha Gear 125?

Selisih antara Honda Beat Deluxe dan Yamaha Gear 125 S Version ternyata hanya Rp100 ribu.

Sabtu, 28 November 2020 07:15 Editor : Cornelius Candra
Beda Rp100 Ribu, Mending Beli Honda Beat atau Yamaha Gear 125?
Yamaha Gear 125 (Yamaha)

OTOSIA.COM - Belum lama ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis produk teranyarnya, Yamaha Gear 125. Skuter matik (skutik) tersebut diklaim sebagai motor dengan kepraktisan tinggi dan performa mumpuni, tapi harganya tetap terjangkau.

Harga Yamaha Gear 125 S Version sebagai tipe tertinggi mencapai Rp17,35 juta. Artinya, skutik ini hanya Rp100 ribu lebih mahal dari motor matik andalan PT Astra Honda Motor (AHM), Honda Beat Deluxe, yang dibanderol Rp17,35 juta (OTR Jakarta).

Dengan selisih Rp100 ribu, lebih baik pilih Yamaha Gear 125 atau Honda Beat? Berikut ulasan lengkapnya:

1 dari 4 Halaman

Desain

Honda Beat

Mengenai desain, kami kembalikan ke selera Otolovers. Baik Yamaha Gear 125 maupun Honda Beat sama-sama mengusung konsep futuristis dan sporty. Keduanya memiliki garis body yang tegas, tajam, dan terkesan ramping.

Sektor depan Honda Beat dan Yamaha Gear 125 pun sama-sama dihuni oleh LED headlight dan instrumen panel analog. Sedangkan bagian belakang keduanya tampil modern dengan taillight yang cenderung meruncing.

2 dari 4 Halaman

Fitur

Yamaha Gear 125

Bisa dibilang Yamaha Gear 125 dan Honda Beat memiliki fitur yang mirip. Mesin kedua skutik ini bisa mati secara otomatis berkat Idling Stop System (ISS) pada Honda dan di Yamaha lebih akrab disebut Stop & Start System (SSS).

Selain itu, sepasang skutik ini juga dibekali power-socket, bagasi luas, konsol penyimpanan di dek tengah, answer back system. Hanya saja, pada Honda Beat terpasang pengereman Combi Brake System, sedangkan di Yamaha Gear 125 terdapat lampu hazard.

3 dari 4 Halaman

Performa

Honda Beat

Jelas, mengenai performa, keunggulan ada di Yamaha Gear 125. Motor baru ini mengandalkan mesin 1-silinder 125 cc SOHC BlueCore air-cooled yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 9,5 PS dengan torsi 9,5 Nm.

Sedangkan Honda Beat hanya mendapat asupan tenaga sebesar 9 PS dan torsi maksimumnya 9,3 Nm. Memang, kapasitas mesinnya lebih kecil, 110 cc SOHC eSP air-cooled.

4 dari 4 Halaman

Simpulan

Yamaha Gear 125

Sebenarnya cukup sulit untuk menentukan yang lebih unggul antara Honda Beat dan Yamaha Gear 125. Sebagai skutik enty-level, keduanya memiliki fitur yang cukup lengkap dan praktis digunakan sebagai kendaraan harian.

Tapi, jika Otolovers mencari performa tinggi, jelas jawabannya adalah Yamaha Gear 125. Sedangkan Honda Beat bisa dipertimbangkan untuk orang-orang yang mengincar efisiensi bahan bakar.

BERI KOMENTAR