HOME » BERITA » BEGINI ATURAN KEMENHUB SOAL PENGGUNAAN KLAKSON

Begini Aturan Kemenhub Soal Penggunaan Klakson

Jum'at, 12 Januari 2018 17:30

Begini Aturan Kemenhub Soal Penggunaan Klakson
Klakson (foto: Indian Motorcycle)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Klakson yang berbunyi Telolet di tahun 2017 memang bisa dibilang menang banyak. Karena pada tahun itu para produsen klakson yang dipasangkan pada bus tersebut semacam mampu menjadi magnet anak-anak dan publik untuk kemudian memfenomenalkan bunyi telolet. Bahkan musisi macam Marshmellow saja ikutan bikin lagu telolet.

Tapi untuk motor bagaimana ketentuannya? Kemenhub punya aturan tersendiri demi tetap melancarkan lalu lintas, tetap bisa menggunakan klakson pada motor tanpa harus mengganggu ketertiban dan kenyamanan berkendara banyak orang. Dan hal tersebut disampaikan lewat akun instagram Kemenhub151.

Menurut Kemenhub151 klakson yang ada pada kendaraan haruslah setidaknya memenuhi dua syarat utama untuk diperkenankan dipakai, yakni minimal 83 desibel dan maksimal hingga 118 desibel. Hal tersebut dilakukan murni supaya komunikasi antar kendaraan tetap terjaga dan tidak terjadi polusi udara yang berlebih.

Karena tidak sedikit yang menggunakan klakson di bawah desibel minimal dan di atas desibel maksimal dari ketentuan tersebut. Sehingga tak jarang para pengendara lain kemudian tak bisa menyadari keberadaan kendaraan lain, sementara klakson yang terlalu kencang akan mengganggu dan menyebabkan kecelakaan bagi yang merasa kaget.

 (kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-1-15
detail

BERITA POPULER