HOME » BERITA » BEGINI CARA BEKENDARA ECO DRIVING, IRIT BBM DAN KOMPONEN MESIN JADI AWET

Begini Cara Bekendara Eco Driving, Irit BBM dan Komponen Mesin Jadi Awet

Pada dasarnya gaya berkendara Eco Driving mudah dilakukan. Selain mengirit BBM, juga dapat membuat komponen mesin menjadi lebih awet dan aman.

Kamis, 22 Oktober 2020 15:15 Editor : Nazarudin Ray
Begini Cara Bekendara Eco Driving, Irit BBM dan Komponen Mesin Jadi Awet
Ilustrasi mengemudi (pawnmycar.co.za)

OTOSIA.COM - Berkendara dengan benar dan tepat selain dapat menghemat bahan bakar, juga membuat komponen mesin menjadi lebih awet. Gaya berkendara tersebut dikenal dengan istilah Eco Driving.

Eco Driving merupakan kepanjangan dari Economical Driving, yaitu teknik berkendara untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Eco Driving memiliki beragam manfaat, seperti lebih iri konsumsi BBM, mengurangi tingkat polusi sehingga lebih ramah lingkungan, meminimalisir potensi resiko kecelakaan di jalan raya.

Selain itu menurut Sony Susmana, Senior Instructor dari SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia), gaya berkendara Eco Driving dapat membuat komponen mobil lebih awet, sehingga dapat menghemat ongkos pengeluaran penggunanya dalam berkendara sehari-hari.

1 dari 2 Halaman

Sony menjelaskan, terdapat banyak teknik dalam melakukan Eco Driving, misalnya menggunakan kendaraan yang sudah dilengkapi indikator Eco Driving, merencanakan rute perjalanan sesuai kebutuhan, dan memanaskan mesin cukup 1 menit.

"Usahakan berkendara sehalus mungkin, dan menjaga kecepatan konstan sekitar 60-80," kata Sony dalam Ngobrol Asik melalui kanal Instagram Live di @daihatsuind akhir pekan kemarin.

Lalu kilometer per jam dan RPM di putaran 2.000, jaga jarak dengan kendaraan lain dan gunakan engine brake untuk deselerasi, dan atur suhu AC ideal di kabin.

 

2 dari 2 Halaman

"Matikan mesin dan buka jendela apabila sedang menunggu di dalam mobil lebih dari 5 menit. Jangan lupa melakukan perawatan kendaraan secara berkala, dan menggunakan bahan bakar kendaraan yang direkomendasikan," imbuhnya.

Faktor lainnya adalah pemilihan ban yang tebat. Ban mobil juga merupakan faktor penting dalam mendukung Eco Driving. Misalnya ban berjenis Eco merupakan ban berbahan baku ramah lingkungan, didesain khusus agar hambatan gulirnya rendah.

 

BERI KOMENTAR