HOME » BERITA » BEGINI CARA BERKENDARA AGAR TAK TERTULAR COVID-19 DI MASA NEW NORMAL

Begini Cara Berkendara Agar Tak Tertular COVID-19 di Masa New Normal

Secara prinsip mengemudi saat New Normal, sudah tertuang di dalam cara berkendara aman atau defensive driving

Sabtu, 30 Mei 2020 08:15 Editor : Ahmad Muzaki
Begini Cara Berkendara Agar Tak Tertular COVID-19 di Masa New Normal
Seorang pengendara mobil yang mengenakan masker terlihat di sebuah jalan di Kairo, Mesir, pada 5 April 2020. Mesir pada Sabtu (4/4) melaporkan lima kematian baru akibat infeksi COVID-19, menjadikan total kasus kematian di negara tersebut mencapai 71. (Xin

OTOSIA.COM - Masyarakat dihimbau untuk perhatikan pencegahan COVID-19 selama masa PSBB dan ketika memasuki masa New Normal. Terkait hal itu pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) pun resmi terbitkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Memasuki era kenormalan baru ini, masyarakat diyakini harus berkegiatan dengan kebiasaan yang berbeda dari sebelumnya, termasuk saat berkendara menggunakan mobil.

Melansir Liputan6.com, dijelaskan Sony Susmana, Trainer dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), secara prinsip mengemudi saat New Normal, sudah tertuang di dalam cara berkendara aman atau defensive driving.

"Jadi untuk sebagian pengemudi yang memang sudah menerapkan defensive driving, tidak ada masalah. Seperti mengemudi fokus, dan kurangi berbicara antar pengemudi dengan penumpang. Mobil terjaga kebersihannya, tidak siap (kesehatannya) tidak usah mengemudi, dan lain-lain," jelas Sony saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (28/5/2020).

1 dari 2 Halaman

Gunakan Masker

Dirinya pun kemudian berikan panduan mengemudi di masa New Normal. Pertama pengemudi harus dalam kondisi sehat, jika sakit wajib di rumah dan dilarang aktivitas di luar.

"Kemudian, semua penumpang menggunakan masker untuk menghindari droplet yang mungkin airbone di kabin," tegasnya.

2 dari 2 Halaman

Jaga Kebersihan Mobil

Lebih lanjut, selalu jaga kebersihan mobil. Untuk itu sediakan tempat sampah di dalam kabin. Satu lagi, pengemudi dan penumpang tak boleh buang ludah sembarangan.

"Menjaga jarak antar penumpang dan beraktivitas bicara terbatas. Semakin sedikit berbicara semakin kecil penyebaran virusnya," pungkasnya.

BERI KOMENTAR