HOME » BERITA » BEGINI CARA CEGAH TANGKI MOTOR CUSTOM BOCOR

Begini Cara Cegah Tangki Motor Custom Bocor

Ini solusi dan langkah yang bisa dilakukan untuk cegah tangki motor bocor

Selasa, 10 September 2019 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Begini Cara Cegah Tangki Motor Custom Bocor
Tangki motor (SAC)

OTOSIA.COM - Dunia motor custom di Indonesia tidak pernah sepi dan terus berkembang. Hal ini ditandai dengan makin suburnya industri di ranah ini, seperti bengkel, aksesoris, hingga kontes-kontes motor custom berskala besar.

Tidak heran jika tidak sedikit pemilik motor terkena virus bergaya retro. Misalnya merestorasi motor standar dengan konsep vintage, mulai bergaya bobber, caf racer, tracker, Jap style, chopper dan sebagainya.

Tapi aja jadinya jika motor sudah didandani bergaya retro dan telah dicat bagus masalah kebocoran tangki timbul? Kebocoran tangki motor custom menurut Arie Indra Perkasa dari Street Arts Custom (SAC) disebabkan oleh beberapa hal.

1 dari 2 Halaman

Sebab Tangki Bocor

Begini Cara Cegah Tangki Motor Custom BocorSebab Tangki Bocor

Tangki yang bocor bisa jadi disebabkan saat proses pengelasan dan korosi yang timbul dari plat. “Itu sebenarnya bisa diantisipasi dengan melapisi menggunakan cairan resin,” buka Arie.

Apa itu cairan resin? Resin adalah cairan kimia yang juga membutuhkan hardener atau pengeras. Fungsinya melapisi permukaan dalam tangki

“Sebelum dicat, dalam proses pemakaiannya di dalam tangki, jangan lupa menggunakan sarung tangan agar zat kimia yang keras ini tidak langsung kontak dengan kulit tangan,” kata Arie, seraya menyebut bahwa SAC menyediakan tangki yang sudah dilapisi bahan resin tersebut.

2 dari 2 Halaman

Langkah Pelapisan Resin

Begini Cara Cegah Tangki Motor Custom BocorLangkah Pelapisan Resin

Lantas bagaimana melapisi cairan resin yang baik ke dalam tangki motor? Menurut Arie sedikitnya ada 10 langkah.

Tahap awal, lepaskan tangki dari motor menggunakan kunci 10 jika tangki dalam posisi terpasang , lalu lepaskan kran bensin dan pelampung dari tangki lama agar tidak terkena cairan kimia ini , dan selanjutnya tutup kembali baut-baut agar tidak menyumbat resin

Jangan lupa setelahnya siapkan 2 wadah untuk resin dan hardener. Kemudian aduk dengan perbandingan 1:5, dan usai tercampur masukkan ke dalam tangki secara merata dengan cara menggoyang-goyangkannya ke berbagai posisi

“Pastikan lubang kran dan bekas pelampung ditutup dengan lakban kertas . Jika sudah merata diamkan. Saran saya jangan diisi bensin selama 2 hari agar keras sempurna,” imbunya

Jika sudah selesaii pasang kembali keran, pelampung dan sebagainya ke posisi semula. “Nah, setelah itu, bisa diisi bensin kembali,” pungkasnya.

BERI KOMENTAR