HOME » BERITA » BEGINI CARA DAIHATSU UJI KEPINTARAN SISWA SMK SEBELUM MASUK DUNIA KERJA

Begini Cara Daihatsu Uji Kepintaran Siswa SMK Sebelum Masuk Dunia Kerja

Tidak hanya terbatas pada teknisi internal, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meingkatkan kemampuan calon-calon mekanik handal di masa depan dengan menghelat Daihatsu SMK Skill Contest (DSSC)

Kamis, 27 Februari 2020 22:15 Editor : Ahmad Muzaki
Begini Cara Daihatsu Uji Kepintaran Siswa SMK Sebelum Masuk Dunia Kerja
Mekanik Siswa SMK (Istimewa)

OTOSIA.COM - Daihatsu secara rutin latih kemampuan para teknisinya dalam kompetisi antar mekanik nasional. Tujuannya adalah memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggannya.

Tidak hanya terbatas pada teknisi internal, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meingkatkan kemampuan calon-calon mekanik handal di masa depan dengan menghelat Daihatsu SMK Skill Contest (DSSC) untuk para siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan guru.

Meski sebagian wilayah di Jabodetabek, termasuk di lingkungan kantor ADM dilanda banjir parah kemarin, kontes ini tetap berlanjut. Daihatsu menantang duet guru dan siswa terbaik dari SMK otomotif di seluruh Indonesia untuk menunjukkan keterampilan mereka dalam bidang otomotif.

1 dari 3 Halaman

DSSC merupakan wadah berkompetisi dan unjuk kemampuan siswa dan guru SMK, serta mengetahui level kompetensi antar sekolah binaan Daihatsu. Kontes diharapkan menjadi motivasi bagi guru dan murid dalam meningkatkan skill kompetensinya.

Kontes tersebut menjadi bagian dari pilar Pintar Bersama Daihatsu (PBD). Melalui program PBD ini, Daihatsu ingin membuka kesempatan kerjasama di dunia Industri bagi siswa SMK sekaligus membantu mempersiapkan anak-anak muda untuk masuk ke dunia kerja.

?Kami senang sekali dapat melihat anak-anak muda yang selalu antusias dalam meningkatkan kemampuan diri mereka. Kami berharap melalui Daihatsu SMK Skill Contest ini, Daihatsu dapat selalu hadir dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan di Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan,? ujar Haryanto Nurya Hadiwijaya, General Affair Division Head ADM.

2 dari 3 Halaman

Menurutnya kompetisi DSSC tahun ini diikuri 36.363 peserta dari 427 SMK. Mereka sebelumnya mengikuti tahap seleksi awal DSSC ini, yakni tes sekolah. Dari tahap ini terpilih 854 peserta untuk ikut ke tahapan berikutnya, online test, dilanjutkan dengan tahap seleksi regional dengan 39 peserta dari 19 SMK.

Dari tahapan regional kemudian terpilih 12 peserta dari 6 SMK terbaik yang maju untuk mewakili wilayah regional masing-masing pada babak final nasional yang diselenggarakan pada Selasa, 25 Februari 2020.

3 dari 3 Halaman

Kemampuan yang diuji berupa kemampuan troubleshooting bagi para guru, yakni kemampuan untuk menganalisa dan memecahkan masalah yang ada pada mobil, dan kemampuan periodical maintenance (PM) bagi para siswa, yakni keterampilan perawatan mobil berkala.

Kompetisi DSSC tahun ini akhirnya dimenangkan oleh tim guru-murid SMKN 7 Baleendah dari Jawa Barat, dan juara kedua SMKN 53 Jakarta, serta SMKN 1 Lintau Buo dari Sumatera sebagai juara ketiga.

Para pemenang diganjar hadiah uang tunai dan trophy, serta beasiswa Polman Astra bagi pemenang utama.

BERI KOMENTAR