HOME » BERITA » BEGINI CARA GANTI PELAT MOTOR BESERTA SYARAT-SYARATNYA

Begini Cara Ganti Pelat Motor Beserta Syarat-syaratnya

Simak, ini cara mudah mengganti pelat motor

Rabu, 06 April 2022 10:30 Editor : Ahmad Muzaki
Begini Cara Ganti Pelat Motor Beserta Syarat-syaratnya
Ilustrasi motor (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Dalam suatu kendaraan terutama motor, pelat motor menjadi salah satu bagian paling vital. Pelat yang berada di dalam kendaraan dilengkapi dengan huruf asal kota dan angka. Namun, angka dan huruf tersebut bukan sembarang nomor karena berfungsi sebagai penanda.

Setiap 5 tahun sekali, pelat nomor harus diganti, hal ini bertujuan untuk meremajakan pelat dan membayar pajak. Jika Otolovers telat untuk membayar pajak maka denda sudah siap menunggu. Adapun biaya yang harus dibayarkan untuk mengganti pelat adalah Rp.60.000 untuk motor baru, sementara untuk memperpanjang STNK biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp.100.000.

Jadi total biaya yang haru Otolovers keluarkan untuk mengganti pelat nomor motor adalah kurang lebih Rp. 160.000. Apabila Otolovers ingin mengganti pelat dapat dilakukan dengan melewati beberapa cara. Dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, berikut cara mengganti pelat motor.

1 dari 6 Halaman

Cara Mengganti Pelat Motor dan Persyaratan

Ada baiknya jika Otolovers mempersiapkan beberapa syarat terlebih dahulu sebelum mengganti pelat nomor, hal ini bertujuan agar penggantian berjalan dengan lancar. Adapun syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut. 

  • Menyiapkan  STNK motor versi asli beserta dengan fotokopinya

  • Menyertakan KTP asli pemilik kendaraan dan fotokopi

  • Pastikan bahwa nama dalam KTP sesuai dan sama dengan yang tertera pada STNK milik motor tersebut

  • Melampirkan BPKB motor asli dan fotokopi

  • Wajib membawa surat kuasa saat mengurus kendaraan milik orang lain

  • Jika ingin mengganti pelat motor perusahaan, maka wajib menyertakan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak milik perusahaan, Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP, dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Apabila telah melengkapi beberapa persyaratan di atas, Otolovers dapat langsung untuk melakukan penggantian pelat dengan beberapa cara berikut.

2 dari 6 Halaman

Melakukan Pendaftaran

Pertama, Otolovers harus mendatangi kantor Samsat setempat untuk melakukan pendaftaran. Jika telah berhasil melakukan pendaftaran, selanjutnya menuju pada bagian loket pengecekan fisik. 

Pada saat pendaftaran, biasanya Otolovers akan dimintai beberapa dokumen persyaratan seperti STNK dan BPKB. Jika telah mendaftar dan melengkapi semua dokumen, kalian hanya perlu menunggu nomor antrian dipanggil. Lalu bisa masuk pada tahapan selanjutnya.

3 dari 6 Halaman

Mengecek Fisik Motor

Saat nomor antrian telah dipanggil, bawalah motor menuju bagian pengecekan fisik. Saat akan memasuki pada tahapan ini, pastikan keadaan motor dilengkapi dengan part yang lengkap. Petugas biasanya akan meminta kalian untuk membantu mengecek nomor mesin dan nomor rangka kendaraan. 

Tetapi dalam tahap gesek mesin dan rangka, akan langsung dilakukan oleh petugas dengan menggunakan kertas gesek Otolovers miliki. Kertas gesek ini akan diberikan saat pendaftaran, biasanya penggesekan ini memakan waktu 10 sampai 30 menit saja, bergantung pada jumlah antrien. 

4 dari 6 Halaman

Legalisir dan Mengisi Formulir

Setelah melewati seluruh rangkaian di tahap sebelumnya, langkah selanjutnya adalah melakukan legalisir dan mengisi formulir sebagai syarat ganti pelat motor. Kalian harus menyerahkan hasil cek fisik yang sudah didapatkan dari petugas.

Hasil cek fisik diberikan bersamaan dengan dokumen legalisir lain. Jika telah berhasil, petugas akan meminta untuk mengisi formulir penggantian pelat motor. Dalam tahap ini wajib mengisi seluruh bagian formulir. Sebelum formulir dikembalikan pada petugas, pastikan seluruh data telah terisi dengan benar. 

5 dari 6 Halaman

Melakukan Pembayaran

Setelah data berhasil terisi, selanjutnya Otolovers harus membayar biaya ganti pelat motor. Dengan membawa seluruh dokumen persyaratan ke loket pembayaran. Saat berada di tahap ini, kalian perlu mengambil kembali nomor antrian dan mempersiapkan sejumlah uang.

Tunggu hingga petugas akan memanggil nama yang tertera dalam STNK, setelah itu bayar pajak sesuai yang tertera di lembaran. Jika sudah otolovers akan mendapatkan bukti pembayaran berupa 2 kertas berwarna putih dan biru.

Fungsi lembar warna putih untuk mengambil pelat baru, sedangkan lembar warna biru untuk mengambil STNK baru. Nantinya STNK ini akan memiliki masa berlaku selama 5 tahun kedepan.

6 dari 6 Halaman

Pengambilan STNK

Rangkaian terakhir adalah mengambil STNK dan pelat nomor baru yang sudah jadi. Pastikan sebelum melakukan pemasangan di kendaraan, telah melakukan koreksi dan menyesuaikan antara pelat nomor baru dan yang tertera di lembar STNK.

Demikianlah cara mengganti pelat motor yang dapat Otolovers lakukan saat akan mengganti nomor kendaraan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

BERI KOMENTAR