HOME » BERITA » BEGINI CARA KETAHUI PEMALSUAN NOMOR RANGKA DAN MESIN MOBIL

Begini Cara Ketahui Pemalsuan Nomor Rangka dan Mesin Mobil

Minggu, 09 Desember 2018 14:45 Editor : Ahmad Muzaki
All New Kijang Innova di pabrik TMMIN Karawang (Liputan6.com/Angga Yuniar)

OTOSIA.COM - Kecurangan kerap terjadi di dunia otomotif, salah satunya adalah memalsukan nomor rangka dan nomor mesin sebuah mobil. Biasanya hal ini untuk mengelabuhi calon pembeli atau petugas berwenang bahwa mobil ini merupakan mobil curian. Dengan mengganti nomor rangka dan nomor mesin maka mobil tersebut layaknya mobil biasa.

Untuk mencegah hal tersebut, sebagai calon konsumen sebaiknya mengetahui letak nomor rangka atau Vehicle Indentification Number (VIN), dan bagaimana cara membedakan nomor rangka dan mesin yang asli dan palsu.

"Untuk memalsukan nomor rangka dan mesin bisa saja, dan diketok ulang biasanya. Tapi, harusnya akan sulit, sebab jenis huruf dan jarak antar huruf dibuat pabrik dengan mesin," terang Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman kepada Liputan6.com baru-baru ini.

Lanjutnya, selama ini, ia tidak pernah menemukan adanya nomor rangka dan nomor mesin mobil Toyota yang dipalsukan. Pasalnya, seperti yang diterangkan sebelumnya, hal tersebut sulit dilakukan karena semua cetakan nomor dilakukan dengan mesin.

"Kecuali si pemalsu memang punya mesin yang sama," jelasnya sambil bercanda.

Sementara itu, untuk mengetahui nomor rangka dan nomor mesin yang asli, sebaiknya calon pembeli mobil bekas melakukan cek fisik, layaknya pemeriksaan untuk memperpanjang STNK lima tahunan.

"Cara mencocokkannya 'digesek' untuk menyamakan dengan yang asli dari pabrikan, biasanya ada di faktur pembelian pertama," pungkasnya.

Nah, itu adalah tips untuk menghindari tertipu saat akan membeli mobil terkait maraknya pemalsuan nomor rangka dan mesin. Semoga bermanfaat ya Otolovers!

Sumber: Liputan6.com

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR