HOME » BERITA » BEGINI CARA MENERAPKAN ECO DRIVING

Begini Cara Menerapkan Eco Driving

Eco driving merupakan bagian dari 3 aspek keahlian mengemudi yang wajib dikuasai oleh pengemudi. Dua liannya yakni defensive driving yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, waktu, dan uang, serta Safety driving yang mengutamakan teknik mengemudi amand an selalu berpikir jauh ke depan terhadap segala kemungkinan yang ada.

Kamis, 19 April 2018 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Nissan Indonesia

OTOSIA.COM - Teknik mengemudi eco driving menjadi salah satu perkembangan yang dianggap sebagai pionir berkendara ramah lingkungan. Tapi sayangnya, tak banyak orang yang menerapkan teknik ini.

Mengutip situs resmi Nissan, Eco driving merupakan cara mengemudi yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien serta berperan mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Menerapkan teknik ini juga berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dengan mengurangi sumbangan gas karbondioksida yang selama ini menjadi sumber emisi karbon terbesar nomor 3.

Eco driving merupakan bagian dari 3 aspek keahlian mengemudi yang wajib dikuasai oleh pengemudi. Dua liannya yakni defensive driving yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, waktu, dan uang, serta Safety driving yang mengutamakan teknik mengemudi aman dan selalu berpikir jauh ke depan terhadap segala kemungkinan yang ada.

Dua aspek tersebut dikombinasikan yang menciptakan teknik mengemudi yang menghemat waktu dan biaya, aman, serta ramah lingkungan. Untuk menerapkannya, berikut poin-poin tekniknya.

1. Penekanan pedal gas secara perlahan. Start dengan akselerasi tinggi hany akan menyebabkan konsumsi BBM secara berlebihan.

2. Tidak membebani mesin dengan putaran rpm yang berlebih. Batasi pindah gigi di putaran 2000 rpm agar pemakaian bahan bakar tetap optimal.

3. Jaga jarak aman terhadap mobil di depa, 2-3 meter adalah jarak yang dianjurkan.

4. Penekanan pedal gas secara halus saat macet.

5. Jangan melakukan posisi kaki setengah kopling.

6. Pemanfaatan engine break untuk pengereman.

7. Menghindari mesin terlalu lama menyala saat idling. Ada baiknya untukmematikan saat berhenti lebih dari 10 menit.

8. Temperatur AC dalam posisi ideal, bukan pada suhu maksimal.

9. Menutup jendela saat kecepatan tinggi.

10. Tidak agresif saat mengemudi.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR