HOME » BERITA » BEGINI CARA MUDAH BIKIN V-BELT SKUTIK AWET

Begini Cara Mudah Bikin V-belt Skutik Awet

Sebanarnya gampang-gampang susah untuk merawat V-belt skutik agar tetap nyaman dikendarai

Selasa, 13 Agustus 2019 17:45 Editor : Ahmad Muzaki
Begini Cara Mudah Bikin V-belt Skutik Awet
Ilustrasi skutik Suzuki (Istimewa)

OTOSIA.COM - Mudah dikendarai di perkotaan yang padat tanpa perlu direpotkan memainkan kopling menjadikan motor jenis matik difavoritkan sebagian masyarakat Indonesia. Berbeda dengan motor manual, salah satu komponen penggerak yang sangat vital pada model motor ini adalah V-belt.

Sebenarnya gampang-gampang susah untuk merawat V-belt skutik agar tetap nyaman dikendarai. Asal tahu kiat dan trik merawat kualitasnya, perjalanan Anda tidak bakal terganggu. Sebab, ada sedikit saja kerusakan yang ada akan berdampak pada performa mesin.

"Misalnya, ketika dibuka dalamnya V-belt bagian tengahnya retak-retak. Ini bisa membuat tarikan motor kurang responsive atau lemot," kata Dadan Danil, Asisten Trainer di Technical Training PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W.

1 dari 2 Halaman

Cara Merawat

Begini Cara Mudah Bikin V-belt Skutik AwetCara Merawat

Hal lain yang mempengaruhi kinerja dan umur V-belt adalah adanya kerusakan pada komponen lain di dalam CVT, seperti saringan udara mampet terkena oli atau bensin. Terburuk adalah V-belt putus.

“Yang paling gampang dan sederhana merawatnya, sering-sering bersihkan filter udara CVT, supaya sirkulasi udara lancar alias tidak mampet,” imbuhnya.

2 dari 2 Halaman

Kapan Harus Servis V-belt?

Begini Cara Mudah Bikin V-belt Skutik AwetKapan Harus Servis V-belt?

Dadan menyarankan, khusus untuk skutik Suzuki, V-belt sebaiknya diperiksa tiap 4.000 km atau diganti tiap 20.000 km (dua tahun), dengan batas servis 18,3 mm (0,72 inch).

“Saran saya, sebaiknya beli V-belt yang orisinil. Karena yang variasi biasanya umurnya lebih singkat, bisa hanya setengahnya umur V-belt asli, atau bahkan di bawahnya,” tutup Dadan.

BERI KOMENTAR