HOME » BERITA » BEGINI CARA MUDAH MEMPELAJARI POLIS ASURANSI KENDARAAN

Begini Cara Mudah Mempelajari Polis Asuransi Kendaraan

Pemilik mobil perlu memahami keseluruhan isi polis agar dapat terhindar dari kesalahpahaman mengenai kewajiban pihak asuransi dan hak sebagai nasabah.

Rabu, 01 September 2021 21:15 Editor : Nazarudin Ray
Begini Cara Mudah Mempelajari Polis Asuransi Kendaraan
Ilustrasi konsumen mobil baru dalam pameran otomotif (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Ketika memilih salah satu jenis asuransi untuk melindungi kendaraan pastikan dulu membaca polisisnya. Polis adalah perjanjian tertulis antara perusahaan asuransi dan nasabah yang berisi tentang ketentuan terkait ketentuan perlindungan dan risiko mobil di waktu yang akan datang.

Polis bermanfaat juga sebagai alat bukti tertulis saat terjadi risiko dan pengajuan klaim, bukti pembayaran premi, serta bukti untuk menuntut penanggung bila terjadi kelalaian atau tidak memenuhi kewajiban sebagaimana yang sudah disepakati.

1 dari 7 Halaman

Tim riset Lifepal Indonesia menyarakan pemilik kendaraan untuk memeriksa kembali hal-hal mendasar yang harus ada dalam polis, di antaranya data pemilik polis, tipe perlindungan, data-data mobil, kesepakatan harga dan pembayaran premi, dan pertanggungan atau jaminan

Selain itu pelajari membaca kembali penentuan nilai ganti rugi, perluasan tanggungan, cara mengajukan ganti rugi, penghentian pertanggungan, dan penanganan perselisihan.

2 dari 7 Halaman

Jenis pertanggungan

Ada dua jenis asuransi mobil yang ditawarkan di pasaran, yaitu All Risk (Comprehensive) dan Total Loss Only (TLO).

Perbedaan keduanya adalah pada pertanggungan, yaitu All Risk bakal menanggung semua kerugian pada mobil sementara TLO hanya bakal mencairkan klaim kehilangan atau rusak parah.

3 dari 7 Halaman

Premi mobil baru berbeda dengan kendaraan tua

Pilihan tergantung prioritas pemilik kendaraan. Jika mengincar premi yang murah, maka TLO jawabannya. Sayangnya TLO gak bakal memberikan ganti rugi jika kerusakan mobil cuma lecet atau penyok sedikit.

Sementara itu perlindungan menyeluruh ada pada All Risk. Jenis ini bakal mengganti kerugian apapun, meskipun hanya sekadar baret saja. Konsekuensinya,pemilik mobil harus membayar premi yang lebih mahal.

4 dari 7 Halaman

Usia mobil

Saat memilih mengasuransikan mobil, harus mengetahui berapa tahun usia kendaraan yang dimiliki. Sebab, usia mobil akan berpengaruh pada premi yang dibayarkan.

Premi untuk mobil baru akan berbeda harganya dengan premi mobil berusia tua. Ada syarat jika mobil yang akan diasuransikan berusia di atas 5 tahun, akan dikenakan tambahan biaya premi yang disebut loading fee dengan besaran yang berlaku umumnya sekitar 5% per tahun.

Semakin tua usia kendaraan, maka semakin besar loading fee-nya. Hanya saja, ada batasan usia maksimal yang diberlakukan, seperti comprehensive yang batas maksimalnya 10 tahun dan TLO yang batas maksimalnya 15 tahun.

5 dari 7 Halaman

Menghitung premi ada rumusnya dengan loading fee, yakni Selisih Tahun Kendaraan x Biaya Loading Fee x Tarif Premi per Wilayah + Tarif Premi per Wilayah x Harga Mobil.

Misalnya, mobil yang dibeli seharga Rp 120 juta saat diasuransikan berusia 7 tahun. Sebut saja mobil itu memiliki plat B dengan jenis comprehensive, maka rate batas atasnya sekitar 3,59%. Maka, dari data tersebut premi yang dibayarkan adalah:

Premi murni + loading fee: (2 x 5% x 3,59%) + 3,59% x Rp120.000.000 = Rp 4.738.800 Ditambah dengan biaya administrasi yang biasanya kurang dari Rp 50.000.

6 dari 7 Halaman

Biasanya, beberapa perusahaan asuransi memberikan keuntungan lain, yaitu penerbitan polis dan surat perintah kerja (SPK) 1 x 24 jam setelah syarat terpenuhi, fasilitas derek gratis, layanan gratis ambulans, penggantian mobil, dan layanan emergency gratis.

Pilihlah dengan banyak keuntungan, tapi dengan tetap mempertimbangkan reputasi perusahaan dan preminya.

7 dari 7 Halaman

Penawaran tambahan perlindungan

Pembeli mobil wajib memahami kembali seluruh isi polis

Dalam asuransi mobil, dikenal istilah perluasan sebagai tambahan perlindungan dari risiko-risiko yang tidak termasuk dalam tanggungan asuransi mobil.

Menyertakan perluasan jaminan akan dikenakan biaya tambahan pada premi yang dibayarkan. Nasabah asuransi bebas memilih perluasan apa yang ingin dimasukkan ke dalam polis.

Jenis perluasan yang bisa dipilih meliputi banjir (termasuk angin topan), gempa bumi, tsunami, huru-hara dan kerusuhan (SRCC), tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, kecelakaan diri untuk penumpang, tanggung jawab hukum terhadap penumpang, serta terorisme dan sabotase.

BERI KOMENTAR