HOME » BERITA » BEGINI CARA PARA JAKSA PECINTA OFFROAD HABISKAN WAKTU

Begini Cara Para Jaksa Pecinta Offroad Habiskan Waktu

Rabu, 08 Agustus 2018 14:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Istimewa

OTOSIA.COM - Adhyaksa Jip Club (AJC) menggelar acara touring singkat di sekitar desa Pagedangan Kabupaten Tangerang, Minggu lalu (05/08/2018). Acara ini menjadi ajang untuk menyalurkan hobi bagi komunitas yang diikuti oleh para jaksa.

Tak hanya touring, berbagai aktivitas juga digelar seperti menjajal trek offroad di lapangan untuk tes trek mobil dan latihan motocross BSD – Tangerang, Banten. Di mana sebanyak 80 kendaraan 4x4 berbagai jenis ikut berpartisipasi. Aksi kepedulian sosial turut diselenggarakan dengan menyambangi panti asuhan di sekitar daerah tersebut.

“Kegiatan ini sepenuhnya adalah inisiatif dari para jaksa yang punya hobi sama, kemudian semua berpatungan untuk membiayai acara ataupun menyumbang ke anak-anak Yatim Piatu. Jadi ini adalah event swadaya dan swakelola,” jelas Johanis Tanak, Ketua Panitia Acara Bhakti Sosial Adhyaksa Jip Club.

Menariknya, acara yang dipersiapkan dalam waktu cukup singkat yakni kurang dari sebulan juga diikuti perwakilan dari Kejaksaan Tinggi di Indonesia. Di antaranya dari Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Kalimantan dan sebagainya.

“Kalau kami dari Kejaksaan Tinggi di Sumatera Utara paling tidak sebulan sekali sering mengadakan offroad bersama. Sembari offroad ke daerah terpencil untuk menyalurkan bantuan dan kegiatan sosial lainya juga sekaligus dilakukan penyuluhan hukum,” kata DR Bambang Sugeng Rukmono MM. MH - Kajati Sumatera Utara yang juga tercatat sebagai peserta Bhakti Sosial Adhyaksa Jip Club 2018.

Peserta dari Sumatera Utara memang paling banyak, hampir 40 mobil datang dan ikut berpartisipasi. Kecintaan terhadap dunia offroad memang sangat tercermin dari rombongan ini. Bahkan ketika menjajal beberapa trek dengan handicap cukup ekstrem rata-rata peserta dari Sumut termasuk Kajati-nya sendiri terlihat sudah terbiasa dengan trek offroad. Bambang pun menyambut baik kegiatan ini, sekaligus berharap akan segera terbentuk wadah yang menaungi kegiatan offroad insan Adhyaksa di seluruh Indonesia.

“Memang kegiatan ini adalah awal untuk membuat payung organisasi hobi berupa klub offroad. Tinggal nanti di daerah menjadi chapter nya. Misalnya Adhyaksa Jip Club Kejakti Sumut dan sebagainya. Nanti akan segera dirumuskan seperti apa bentuknya dan program ke depannya apa saja,” kata Johanis.

Menurut Humas Panitia, Agus Darmawan usai kegiatan panitia akan segera merumuskan wadah resmi kegiatan offroad di lingkungan Kejaksaan. Nantinya wadah tersebut tak hanya diikuti para jaksa, namun juga pegawai negeri sipil di lingkup Kejaksaan.

“Jika sudah terbentuk dan ada AD ART nya akan didaftarkan ke induk organisasi resmi IOF ataupun IMI. Sehingga organisasi offroad kejaksaan adalah organisasi yang terdaftar. Nanti untuk pengukuhan akan mengundang perwakilan dari organisasi tersebut,” kata Agus.

 (kpl/fid/crn)

BERI KOMENTAR