HOME » BERITA » BEGINI CARA RAWAT MOBIL BERMESIN TURBO, TAK PERLU REPOT

Begini Cara Rawat Mobil Bermesin Turbo, Tak Perlu Repot

Rabu, 08 Agustus 2018 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Liputan6.com

OTOSIA.COM - Pilihan mesin turbocharger semakin mudah dijumpai pada mobil-mobil terbaru. Namun, penggunaan mesin ini sempat tak diterima oleh pasar Indonesia.

Menurut Taqwa Suryo, pemilik workshop Garden Shop, hal tersebut lantaran adanya kekurangan pada jenis mesin ini. Akan tetapi, masalah yang sering dijumpai mesin turbo ini biasanya terjadi karena tak ada support dari lingkungan turbin,termasuk spesifikasioli.

"Tapi sekarang turbo zero accident, karena oli mobilnya saja sudah memenuhi," paparnya.

Seperti diketahui, perangkat turbocharger sendiri dipercaya mampu meningkatkan performa jantung mekanis mulai dari tenaga dan torsi, serta efisiensi bahan akar.

Lalu apakah mesin denganperangkat turbo harus dirawat dengan perlakuan khusus?

"Yang penting hanti oli. Tapi kalau mau ganti oli, mobil apapun jangan lama-lama kalau tinggal di Jakarta (macet), karena kalau kilometer rendah, maka running engine hours-nya tinggi," jelas Taqwa, saat ditemui di pameran GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Ia menyarankan, untuk merawat mesin turbo sama seperti mobil lainnya yakni cukup melakukan pergantian oli selama enam bulan atau sejauh 5.000 km atau sesuai dengan buku petunjuk manual.

Sumebr: Liputan6.com

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR