HOME » BERITA » BEGINI CERITA UNIK DI BALIK TERCIPTANYA CRUISE CONTROL, DITEMUKAN PRIA TUNANETRA

Begini Cerita Unik di Balik Terciptanya Cruise Control, Ditemukan Pria Tunanetra

Ternyata cruise control ditemukan oleh orang buta dan di baliknya mempunyai cerita unik

Kamis, 10 September 2020 09:15 Editor : Ahmad Muzaki
Begini Cerita Unik di Balik Terciptanya Cruise Control, Ditemukan Pria Tunanetra
Tombol cruise control di lingkar kemudi (buyacar.co.uk)

OTOSIA.COM - Fitur cruise control pada sebuah mobil cukup penting peranannya. Sebab memungkinkan pengemudi tidak capek selama berkendara. Dengan adanya teknologi ini, pengendara bisa mengatur kecepatan mobil agar tetap stabil tanpa memijak pedal gas.

Namun siapa sangka, di balik penemuannya ada cerita unik yang perlu Otolovers ketahui. Lantas apa? Berikut ulasan lengkapnya yang dilansir dari laman Today I Found Out.

1 dari 2 Halaman

Teknologi cruise control rupanya ditemukan oleh seorang bernama Ralph Teetor. Menariknya pria asal Amerika ini merupakan orang yang tidak bisa menyetir mobil. Lantaran ia sendiri mengalami kebutaan mata atau tunanetra.

Inspirasi cruise control sendiri didapat usai Teetor jengkel dengan pengacaranya di tahun 1940-an. Sebab pengacara tersebut mempunyai kecenderungan untuk menyetir mobil dengan lambat ketika berbicara dan cepat jika mendengarkan.

2 dari 2 Halaman

Kemudian Teetor mencoba untuk menciptakan teknologi yang bisa mengontrol kecepatan mobil. Setelah beberapa kali melakukan percobaan, barulah di tahun 1948 Teetor melakukan paten perangkat cruise control.

Butuh waktu satu dekade lagi untuk menyempurnakan perangkat tersebut. Hasilnya cruise control bisa dipasang pada mobil kendaraan komersial. Mobil pertama yang memakai teknologi ini adalah model 1958 Chrysler Imperial, New Yorker, dan Windsor.

Di awal pengembangannya cruise control mempunyai banyak nama, seperti speedostat, touchomatic, dan auto-pilot. Nama cruise control benar-benar dipakai setelah Chrysler menggunakannya.

BERI KOMENTAR