HOME » BERITA » BEGINI DEFINISI 'ZONA REMUK' DAN CARA KERJANYA

Begini Definisi 'Zona Remuk' dan Cara Kerjanya

Kamis, 07 Desember 2017 14:15

Begini Definisi 'Zona Remuk' dan Cara Kerjanya
Crumple Zone (foto: Youtube Sidney Morning Herald)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Kalau misalkan Otolovers mengikuti ksiah dari Setya Novanto dan mobil Toyota Fortuner yang mengalami kecelakaan saat diklaim mengangkutnya tersebut, pasti akan seringkali mendengar istilah zona remuk, atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Crumple Zone. Bisa jadi banyak yang mendengarnya, tapi tak terlalu paham apa maksudnya.

Akun youtube Sidney Morning Herald akan menunjukkan apa dan bagaimana crumple zone ini bekerja. Secara singkat, sesuai namanya zona ini bisa dibilang merupakan daerah yang memang ditujukan supaya hancur saat mengalami kontak fisik dengan objek lain di depannya, baik itu mobil lain ataupun objek non otomotif.

Crumple zone merupakan tempat dimana terdapat rangka yang secara volume lebih kecil dan memiliki ruang untuk 'hidung' mobil. Ruang tersebut memang sengaja diciptakan, supaya saat kecelakaan terjadi ada kelonggaran supaya tekanan bisa dikurangi ke bagaian belakang, terutama di bagian kabin.

Bisa terbayangkan bagaimana jika satu mobil, pada bagian bawah kap mobil tidak diberikan rangka yang relatif lunak dan semuanya terkesan padat maka saat kecelakaan terjadi tekanan yang membentur mobil akan langsung memberikan gelombang energi dari depan dan bisa memberikan 'damage' yang lebih besar kepada penumpang. Kira-kira penjelasannya seperti yang ada pada video di bawah.

 (kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-7
detail

BERITA POPULER