HOME » BERITA » BEGINI KINERJA REM KARBON MOTOGP DALAM TURUNKAN KECEPATAN MOTOR

Begini Kinerja Rem Karbon MotoGP Dalam Turunkan Kecepatan Motor

Mau tahu bagaimana rem berbahan karbon milik peserta MotoGP bekerja? Simak videonya di bawah ini!

Senin, 11 Desember 2017 13:15 Editor : Fajar Ardiansyah
Rem Karbon (foto: Twitter MotoGP)

OTOSIA.COM - Yang Otolovers tahu, mungkin adalah bagaimana motor biasa dengan berbagai jenis, apakah itu sport, matic, retro dan segala macamnya pasti akan menggunakan sistem pengereman yang menggunakan bahan cakram berupa logam. Di beberapa kasus malah ada yang menggunakan bahan baja sebagai cakram pengereman.

Tapi apakah peserta MotoGP menggunakan hal yang sama? Rem? Iya. Baja? Tidak. Peserta MotoGP secara khusus akan menggunakan bahan khusus yang ringan namun tetap kuat, yakni karbon. Karbon memang secara khusus banyak sekali digunakan oleh sejumlah event balapan sebagai aksesoris yang wajib untuk disematkan di beberapa sisi.

Dan coba lihat bagaimana akun Twitter MOTOGP mengunggah video di saat motor milik Honda Repsol menunjukkan kinerja dari rem tersebut. Setidaknya, rem ini punya kemampuan mengurangi kecepatan dengan sangat mulus dari angka nyaris 300 km/jam hingga 95 km/jam dalam waktu kurang dari 5 detik saja!

Dan kaliper rem milik para peserta MotoGP juga tak hanya sekedar menggapit cakram rem saja. Kaliper motor mereka memiliki dua piston untuk memberikan daya dorong tambah supaya tekanan lebih efektif. Nah, untuk lebih lengkapnya mari dilihat video yang ada di bawah ini, Otolovers!

(kpl/fjr)

BERI KOMENTAR