HOME » BERITA » BEGINI KONDISI JUALAN MOBIL WAKTU RAMAI PEMILU

Begini Kondisi Jualan Mobil Waktu Ramai Pemilu

Sabtu, 11 Mei 2019 16:15 Editor : Ahmad Muzaki
Honda BR-V (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Riuhnya momen jelang Pemilu lalu terasa di banyak hal termasuk berefek untuk penjualan kendaraan. Hal itu disampaikan pula oleh lembaga pembiayaan Adira Finance yang dalam sebulan bisa meraup Rp 3 triliun.

Menurut mereka, efek dari pemilu terasa pada suatu jenis kendaraan. Mereka pun mengatakan sudah memperkirakan hal itu sebelumnya.

"Yang kami perkirakan penjualan segmen komersial turun. Ini kan kaitannya dengan investasi. Biasanya ini terkait dengan sentimen-sentimen politik," kata I Dewa Made Susila, Direktur Keuangan Adira Finance.

Meski demikian, faktanya penjualan kendaraan jenis lain termasuk jenis penumpang juga mengalami penurunan.

"Passanger turun juga tuh. Total-totalnya dua-duanya turun," tambah dia lagi, yang lalu mengutarakan penjualan biasanya positif pada saat Lebaran.

Umumnya, dalam lima tahun terakhir, pembiayaan otomotif Adira jelang Lebaran menurutnya naik 5-10 persen dari bulan-bulan biasa.

"Orang kita kan ingin pulang kampung ya. Kalau tidak naik ya mungkin kalau tidak, mungkin ada kejadian luar biasa, mungkin mereka wait and see. Kalau dari pembiayaan baru, 55 persen motor, 45 persen mobil," kata dia.

Namun jika bicara outstanding loan, pembiayaan mobil baru dan motor sudah setengah berbanding setengah.

"Kenapa? Karena tenor untuk mobil itu jangka panjang, sementara motor 2-3 tahun. Jelang Lebaran naik 5-10 persen. Kalau kita per bulannya Rp 3 triliun. Mudah-mudahan tercapai. Mobil baru ini paling banyak, sekitar dua pertiga," kata dia seraya menyebut akan mengadakan program temu konsumen bernama Sobat di sejumlah mall.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR