HOME » BERITA » BEGINI NASIB BBM PERTAMINA SAAT KENDARAAN LISTRIK BANJIRI JALANAN INDONESIA

Begini Nasib BBM Pertamina saat Kendaraan Listrik Banjiri Jalanan Indonesia

Jurus Pertamina untuk siasati bisnis BBM yang tergerus Kendaraan listrik

Selasa, 02 Februari 2021 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Begini Nasib BBM Pertamina saat Kendaraan Listrik Banjiri Jalanan Indonesia
Petugas lapangan memantau Area Tanki LPG (Spherical Tank) di kawasan kilang RU V Balikpapan, Kalimantan, Kamis (14/05). Kilang RU V merupakan kilang pengolahan minyak Pertamina terbesar ke-2 di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

OTOSIA.COM - Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia begitu pesat. PT Pertamina (Persero) pun menyadari bahwa penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) akan tergerus perkembangan tersebut.

Oleh karena itu, Pertamina telah menyiapkan strategi matang, yakni mengonversikan sebagian kapasitas kilang minyak miliknya memproduksi petrokimia untuk mendukung industri kendaraan listrik (EV).

1 dari 3 Halaman

CEO Subholding Power & New Renewable Energy Pertamina, Heru Setiawan, mengatakan langkah tersebut dilakukan agar aset-aset Pertamina tetap bisa digunakan dengan adanya inisiatif kendaraan listrik.

"Kita ketahui nanti semuanya menyadari demand dari BBM akan turun. Oleh karena itu untuk di sisi kilang, nanti akan berkonversi selain menyediakan BBM kepada masyarakat, juga mengonversikan sebagian kapasitasnya menjadi petrokimia yang nanti berhubungan juga dengan kendaraan listrik," kata Heru dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPRI RI pada Senin (1/2/2021).

2 dari 3 Halaman

Ia menjelaskan, petrokimia nanti akan menjadi bahan baku untuk kendaraan elektrik maupun baterainya.

"Karna sebagian besar kendaraan listrik itu, dalam rangka kompensasi berat baterai, mengganti plat-plat baja menjadi plastik. Karena itu, kilang-kilang kami ke depan akan kami konversikan untuk produksi petrokomia sebagai bahan bahu untuk kendaraan listrik maupun baterainya," tuturnya.

3 dari 3 Halaman

Lantas bagaimana dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)? Nah, Pertamina sendiri telah berkoordinasi dengan PLN untuk ikut berpartisipasi dalam penyediaan Stasiun Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

"Untuk penyediaaan SPKLU yang nanti dikombinasikan dengan renewable," kata Heru.

Penulis: Andina Librianty

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR