HOME » BERITA » BEGINI PANDUAN BAGI YANG INGIN MEMBANGUN MOTOR CUSTOM

Begini Panduan Bagi yang Ingin Membangun Motor Custom

Saat membangun motor custom selain menentukan konsep awal, mencari referensi, juga jangan cepat puas. Motor custom yang sudah jadi juga harus mencerminkan karakter pemiliknya.

Sabtu, 09 Oktober 2021 20:15 Editor : Nazarudin Ray
Begini Panduan Bagi yang Ingin Membangun Motor Custom
Ilustrasi motor custom (Royal Enfield)

OTOSIA.COM - Budaya modifikasi atau kustomisasi motor telah berkembang dengan lebih kuat di Indonesia dalam beberapa tahun teralhir.

Pada setiap event motor custom, para builder dengan penuh semangat mengekspresikan dan mewujudkan imajinasi ke dalam sebuat sepeda motor. Hasilnya bikin kagum.

Nah berbicara motor cutom, tidak sedikit pemilik motor maupun pegiat modifikasi yang ingin merubah tampilan motor sesuai keinginan. Hanya saja dalam penggarapan maupun hasilnya terkadang kurang memuaskan, dan merusak sisi fungsinya.

1 dari 5 Halaman

Untuk itu dua builder kawakan tanah air, yakni Nicko Eigert dari Smoked Garage dan Andika Pratama, punggawa KromWorks, memberikan sejumlah kiat dalam menciptakan motor custom yang sesuai impian.

Menurut Nicko, sebelum mulai membangun motor kesayangan, tentukan konsep yang diinginkan. Di sini pemilik motor perlu membayangkan dan memikirkan konsep terbaik.

2 dari 5 Halaman

Referensi

"Pada fase ini, luangkan waktu untuk mencari referensi, berdiskusi dengan rekan-rekan yang juga memiliki hobi mengemudi atau melihat tren saat ini. Pastikan tidak melupakan karakter Anda sendiri untuk menjadi salah satu elemen dalam desain konsep Anda," terangnya.

Selanjutnya adalah memperhitungkan segalanya. Menjaga keseimbangan antara estetika dan kegunaan, kreativitas dan fungsionalitas, serta efektivitas biaya adalah hal yang mutlak dilakukan dalam merencanakan modifikasi motor kesayangan.

3 dari 5 Halaman

Selalu tinjau kembali konsep dan desain yang diusung untuk mengetahui apakah secara estetika motor ini akan terlihat menawan, dan apakah desain ini bisa aplikasikan, serta apakah biayanya sudah sesuai dengan kemampuan.

Menjadikan desain atau konsep orang lain sebagai sumber inspirasi adalah sah-sah saja, tetapi inovasi akan menghadirkan perbedaan.

4 dari 5 Halaman

Jangan cepat puas

Sementara Andika menyatakan, jika beberapa part orisinil masih layak disesuaikan dengan konsep modifikasi dapat dipakai kembali. Komponen original yang bersifat builder friendly ini tentunya memberikan kemudahan bagi Anda dalam membangun motor kesayangan.

Menurut Andika, ketika membangun motor jangan terlalu cepat puas. Namun rencana dan desain awal penting untuk menjaga semangat dan ketepatan waktu pengerjaan.

5 dari 5 Halaman

"Karena itu, perlu memastikan bahwa Anda memiliki satu tujuan dan konsep yang pasti dalam membangun motor favorit dan fokus untuk menyelesaikan rencana tersebut," imbuhnya.

Satu hal yang harus ingat adalah bahwa motor kesayangan akan menjadi identitas Anda saat berada di luar. Hadirkan identitas pemiliknya di atas motor.

BERI KOMENTAR