HOME » BERITA » BEGINI PENAMPAKAN REM SAAT DILIHAT LEWAT KAMERA THERMAL

Begini Penampakan Rem Saat Dilihat Lewat Kamera Thermal

Senin, 20 Maret 2017 22:15

Begini Penampakan Rem Saat Dilihat Lewat Kamera Thermal
Rem Mobil (foto: Engineering Explained)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Penggunaan rem, kampas dan kaliper satu sama lain punya jasa yang luar biasa untuk menjamin keamanan dari pengguna mobil atau motor. Saking krusialnya eksistensi rem, terkadang ada yang bilang lebih baik tak bisa jalan daripada tak bisa berhenti.

Hal ini cukup beralasan karena keselamatan penumpang nyaris lebih dari separuhnya bertumpu pada rem. Sehingga kondisi rem yang overheat di beberapa jenis kendaraan akan membuat fungsinya tak berjalan sebagaimana mestinya alias blong.

Akun youtube Engineering Explained mencoba memperlihatkan bagaimana kinerja rem lewat kamera thermal. Bisa terlihat bahwa resistensi rem yang tampak di kamera thermal akan mengikuti momen saat rem diinjak sehingga ada pola yang jelas.

Pada saat rem diinjak di kala mobil masih berjalan, gesekan antara kampas dan cakram rem akan menaikkan suhu sesuai dengan hukum fisika. Dan naiknya suhu maka akan mengubah warna pada sensor kamera thermal dan menunjukkan mana yang bergesekan dan mana yang tidak sesuai dengan suhu yang terdeteksi. Simak, Gengs! Informatif abis!

(kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-19
detail

BERITA POPULER