HOME » BERITA » BEGINI PENJELASAN MEKANISME REM BREMBO PADA FORMULA 1

Begini Penjelasan Mekanisme Rem Brembo Pada Formula 1

Senin, 11 September 2017 13:45

Begini Penjelasan Mekanisme Rem Brembo Pada Formula 1
Rem Formula 1 (foto: Circus F1)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Buat Otolovers sekalian yang menggemari balap jet darat alias Formula 1, terkadang pasti bertanya-tanya bagaimana mekanisme komponen-komponen yang tertanam pada mobil dengan aerodinamika sempurna dan dorongan mesin yang luar biasa powerful ini.

Salah satu yang paling disoroti adalah perbandingan antara rem yang ada di mobil biasa, dengan rem yang ada di mobil Formula. Kedua entitas ini punya perbedaan yang luar biasa signifikan di berbagai perspektif, yang tentu saja menjadikan banyak output.

Dari harga kaliper saja sudah berbeda, karena kaliper rem brembo menurut akun youtube Saizzle ini mencapai angka 5000 Euro, atau nyaris 70 jutaan jika dirupiahkan.

Lebih jauh lagi, kaliper rem brembo yang dipasangkan ke mobil jet darat ternyata punya daya cengkeram yang jauh lebih handal daripada kaliper rem biasa. Setidaknya total ada 5 ton gaya tekan yang diterima oleh cakram rem pada mobil dari kaliper mobil Formula 1. Menjadikan mobil Formula sebagai mobil dengan sistem pengereman sempurna.

Selain itu, bahan yang dipergunakan juga bukan bahan biasa. Kanvas rem ala Brembo dipasangkan untuk tak cuma mengendalikan kecepatan, tapi juga mengendalikan suhu ban dan kaliper yang berpengaruh pada kualitas pengereman sekaligus handling saat mobil Formula dilewatkan sebuah tikungan misal. Simak dulu deh, Otolovers!

(kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-9-11
detail

BERITA POPULER