HOME » BERITA » BEGINI PENJELASAN SINGKAT KEMUDI BAN MOTOR DARI MASA KE MASA

Begini Penjelasan Singkat Kemudi Ban Motor Dari Masa ke Masa

Ban motor sudah ada sejak jaman industrial dimulai, tapi perkembangannya makin pesat 3 dekade terakhir nih!

Rabu, 13 Desember 2017 12:15 Editor : Fajar Ardiansyah
Ban Motor (foto: Youtube Cycle World)

OTOSIA.COM - Para produsen kendaraan dan aksesoris otomotif selalu berusaha untuk mengembangkan produknya supaya semakin modern dari waktu ke waktu. Tak terkecuali juga dengan ban motor yang semakin kemari semakin dibuat supaya mengakomodir keperluan berkendara yang tak hanya nyaman, tapi juga aman serta ekonomis.

Akun youtube Cycle World lewat Kevin Cameron berusaha secara singkat untuk menjelaskan bagaimana perkembangan signifikan dari ban motor. Dimana setidaknya, dalam industri otomotif yang sejatinya sudah berusia lebih dari 100 tahun, ada periode dimana tahun 1970-an hingga kini menjadi semacam tahun progresif bagi ban motor.

Honda pada tahun 1980 memroduksi ban dengan ukuran yang relatif besar, dimana saat ini seri CB dengan kapasitas bongsor juga berada dalam masa pengembangan. Untuk urusan balapan, CB series kemudian mempercayakan ban dengan diameter lebar supaya mengakomodasi motor CB yang masih berformat sport classic.

Semakin kemari ban tak cuma berparameterkan pada ukuran yang besar dan lebar, karena ukuran ban lebih diperkecil dan dipertipis secara diameter supaya memberikan kuasa yang lebih pada pengendara. Hal ini membuat pengendara jadi lebih fleksibel dan gesit untuk menyetir motor mereka. Dan pada beberapa tahun belakangan, fitur-fitur dari ban juga diperlengkap supaya cocok dengan teknologi seperti ABS dan semacamnya. Mari disimak analisanya!

(kpl/fjr)

BERI KOMENTAR