HOME » BERITA » BEGINI POSTUR BERKENDARA YANG IDEAL SESUAI JENIS MOTOR

Begini Postur Berkendara yang Ideal Sesuai Jenis Motor

Safety riding adalah hal pertama yang harus diterapkan seseorang saat berkendara. Mulai dari perlengkapan berkendara, etika berkendara, hingga cara berkendara.

Jum'at, 11 Mei 2018 17:00 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Astra Honda

OTOSIA.COM - Safety riding adalah hal pertama yang harus diterapkan seseorang saat berkendara. Mulai dari perlengkapan berkendara, etika berkendara, hingga cara berkendara.

Salah satunya adalah menyesuaikan postur berkendara sesuai dengan jenis kendaraan. Dikutip dari Astra Honda, berikut referensi postur berkendara yang tepat dan nyaman sesuai jenis motor yang digunakan.

Sepeda Motor Standar

Foto by Astra Honda

Posisi standar adalah yang paling netral. Tubuh tegak, kepala dan mata melihat tegak lurus ke depan. Tangan sedikit menekuk untuk kenyamanan dalam meredam guncangan ketika melewati jalan yang berlubang.

Posisi harus santai, sisanya lutut menjepit tangki denan ringan dan juga membungkuk pada ketinggian yang sedikit lebih rendah dari pinggul dan kaki menempel di pijakan di sudut 90 derajat.

Sepeda Motor Sport

Foto : instagram/hrc_motogp

Posisi sport mengharuskan pengendara berposisi anik ke depan dan ramping. Kepala pengendara maju ke depan, dengan kepala dan mata melihat lurus ke depan.

Perut ditempelkan pada tangki, sedangkan otot punggung dan kaki menopang berat tubuh bagian atas. Lengan harus santai dan siku membengkok.

Lutut juga menekuk dan menjepit pada bagian tangki dengan ringan. Kaki bertumpu pada pijakan kaki, lutut lebih terlihat maju.

Sepeda Motor Cruiser

Foto by Astra Honda

Cruising postur merupakan postur populer, dan mudah dimengerti sebagai postur yang santai dan memberikan eksistensi yang lebih obesar untuk kaki. Posisi kaki bahkan dapat divariasikan atau disesuaikan dengan santai pada pihakan.

Namun, pengendara akan merasa sulit untuk berdiri. Posisi duduk pada tempat atau jok yang paling rendah dengan santai. Dengan sikap ini dapat memberikan pijakan yang datar dan nyaman.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR