HOME » BERITA » BEGINI SUNMORI YANG ASIK TANPA MENGUSIK PENGENDARA LAIN

Begini Sunmori yang Asik Tanpa Mengusik Pengendara Lain

Sunmori kini tengah menjadi tren. Namun seringkali dinilai memamerkan aksi ugal-ugalan. Tapi sebenarnya sunmori bisa dilakukan secara asik tanpa mengganggu pengendara lain.

Sabtu, 23 Oktober 2021 14:15 Editor : Nazarudin Ray
Begini Sunmori yang Asik Tanpa Mengusik Pengendara Lain
Ilustrasi sunmori dengan motor matic (Yamaha DDS Jateng)

OTOSIA.COM - Saat ini kegiatan riding bersama di hari minggu atau sunday morning ride (sunmori) menjadi tren di berbagai kota besar di Indonesia. Baik anak muda hingga orang tua kerap memanfaatkan libur untuk berkendara sepeda motor besama di Minggu pagi.

Bukan cuma motor besar dan sport, pada Minggu pagi juga sering terlihat rombongan motor matic yang riding bareng. Selain dapat menikmati melewati rute yang dilalui dengan motor kesayangan, juga merasakan kebersamaan dengan sesama biker.

"Agar kegiatan sunmori dapat berjalan lancar dan menyenangkan, ada sejumlah tips dari tim Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah yang dapat diterapkan oleh para bikers khususnya pengendara motor matik. Hal ini juga untuk menjaga keselamatan berkendara dan ketertiban di jalan untuk kepentingan bersama," buka Johannes BMS, Chief Yamaha DDS 3 Jawa Tengah – DIY.

Johannse pun memberi tips, mulai dari titik kumpul (tikum) hingga saat berkendara bersama di jalan raya.

1 dari 3 Halaman

Parkir

Cari area yang luas dan muat untuk parkir motor dan hindari parkir motor di pinggir jalan, karena akan mengganggu pengendara lain dan dapat membuat jalanan macet.

"Atur jumlah peserta sunmori, hindari terlalu banyak yang dapat mengakibatkan kerumunan yang melanggar protokol kesehatan," imbuhnya.

Yang pasti dalam masa pandemi, selalu taat protokol kesehatan seperti menggunakan masker atau jaga jarak, serta jangan berkumpul terlalu lama.

2 dari 3 Halaman

Safety riding

Dianjurkan lebih dulu menentukan lokasi-lokasi sunmori yang bakal dilewati sebelum berkendara. Lakukan safety brief sebelum berkendara terkait rute, perilaku di jalan dan safety gear yang dipakai.

Gunakan safety gear lengkap, baik helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu baik pengendara utama maupun yang dibonceng.

"Jaga kecepatan dan jarak aman sesama peserta sunmori dan pengendara lainnya. Hindari berperilaku tidak aman seprti ugal-ugalan, zig-zag, atau memainkan gas," tukasnya.

3 dari 3 Halaman

Dalam berkendara hindari mengobrol yang dapat mengganggu konsentrasi. Operasikan gas dan rem secara halus, dan hindari pengoperasian secara cepat dan mendadak.

"Pastikan jika menggunakan action camera terpasang dengan baik dan kuat. Pastikan membawa surat-surat kendaraan dan selalu patuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas," tutupnya.

BERI KOMENTAR