HOME » BERITA » BEGINI TERNYATA CARA KERJA DARI BAN BASAH F1

Begini Ternyata Cara Kerja dari Ban Basah F1

Rabu, 20 September 2017 15:15

Begini Ternyata Cara Kerja dari Ban Basah F1
Ban Basah (Foto: Formula1.com)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Para penggemar otomotif dan otolovers sekalian pasti menyaksikan bagaimana pada event balapan internasional maupun skala nasional, para pembalap dan konstruktor akan menyiapkan segala macam peralatan yang kemudian disesuaikan dengan cuaca, sirkuit dan segala macam yang ada pada venue.

Tak terkecuali dengan salah satu elemen yang paling utama, yakni ban mobil atau motor. Ban merupakan elemen penting yang harusnya memang bisa fleksibel dan para crew balapan harus mampu untuk menyesuaikan. Itulah mengapa terkadang disiapkan ban basah dan kering.

Tempatnya video YouTube dari Chain Bear F1 berikut ini ditunjukkan Bagaimana kinerja dari ban basah, yang punya Contour agak berbeda dengan ban kering. Jika otolovers kalian menonton Formula 1 serta memperhatikan, ban basah punya sedikit perbedaan di bagian ulir jika dibandingkan dengan ban kering yang lebih polos.

Apa tujuan dari penggunaan ulir? Sebetulnya eksistensi dari ulir tersebut adalah supaya ban tidak mengambang saat mobil dikendarai dalam kondisi sirkuit yang basah. Karena ban kering yang tidak memiliki ulir, akan membuat posisi mobil jadi seperti boneka karet bebek.

Sementara itu, dengan adanya ular tersebut ban mobil akan mendapatkan ruang serta tempat supaya air bisa mengalir dan masuk kedalam sela-selanya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir mobil yang selip, dan keluar kendali apalagi sampai keluar sirkuit. Untuk lebih lengkap sok atuh tonton video berikut!

(kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-10-10
detail

BERITA POPULER