HOME » BERITA » TIPS AMAN DAN NYAMAN BELAJAR MENGENDARAI MOTOR MATIC

Tips Aman dan Nyaman Belajar Mengendarai Motor Matic

Bagi ingin belajar atau menjadikan skutik sebagai motor harian, perlu memahami lebih dulu karakternya karena berbeda dengan tipe bebek atau sport.

Jum'at, 25 Juni 2021 14:15 Editor : Nazarudin Ray
Tips Aman dan Nyaman Belajar Mengendarai Motor Matic
Ilustrasi melatih kemampuan berkendara dengan motor matic (Istimewa)

OTOSIA.COM - Sepeda motor sudah menjadi alat transportasi favorit masyarakat Indonesia. Lantaran lebih mudah dikendarai, motor jenis matic banyak dipilih untuk menemani beraktivitas.

Meski mudah dikendari, bagi sebagian orang yang belum pernah menjadikan skutik sebagai kendaraan harian, atau yang terbiasa memakai motor kopling, perlu memahami lebih dulu karakter motor matic karena berbeda dengan tipe bebek atau sport.

Agar dapat menggunakan motor matic dengan tepat terutama bagi yang baru belajar mengendarainya, Yamaha Riding Academy (YRA) Main Dealer PT Thamrin Brothers area Sumatera Selatan dan Bengkulu memberikan beberapa panduan.

1 dari 3 Halaman

Manager Promosi Main Dealer PT Thamrin Brothers area Sumatera Selatan dan Bengkulu, Wiranata P Ilahi menyatakan, ada beberapa poin sebagai panduan dasar bagi orang yang baru belajar mengendarai motor matic. Berikut tipsnya:

Kenali fungsi perangkat motor

Perlu diketahui tuas rem depan di posisi kanan dan tuas rem belakang di posisi kiri. Lalu side stand switch off. Untuk menghidupkan sepeda motor side stand harus ditekuk, dan tarik tuas rem untuk menghidupkan motor.

 

2 dari 3 Halaman

Kenali karakter motor

Perlu diingat, karakter motor matic berbeda dengan jenis bebek atau sport. Karena itu gas secara perlahan ketika akan berjalan dan rasakan gerakan di roda.

"Motor matic pertama akan jalan agak lambat karena dirancang mulai berjalan di rpm tertentu," terang Wiranata.

3 dari 3 Halaman

Engine brake dan pengereman

Kenali karakter engine brakenya karena lebih kecil dari motor bebek dan sport. Untuk pengereman, lakukan secara halus agar lebih aman dan tenaga motor tidak mudah drop.

"Gunakan kedua rem secara bersamaan agar dapat mengurangi kecepatan secara maksimal terutama saat melewati jalan menurun," imbuhnya.

Selain itu jaga putaran mesin terutama saat akan mendahului dan melewati jalan menanjak agar lebih mudah melewatinya.

BERI KOMENTAR