HOME » BERITA » BELI MOBIL BARU, SANDIAGA UNO MINTA MASYARAKAT KELAS MENENGAH BELANJAKAN UANGNYA

Beli Mobil Baru, Sandiaga Uno Minta Masyarakat kelas Menengah Belanjakan Uangnya

Sandiaga Uno baru saja membeli Toyota Corolla Cross. Mobil baru itu dia beli lantaran untuk membantu perekonomian Indonesia.

Selasa, 11 Mei 2021 14:15 Editor : Dini Arining Tyas
Beli Mobil Baru, Sandiaga Uno Minta Masyarakat kelas Menengah Belanjakan Uangnya
Mobil baru Sandiaga Uno (Instagram/sandiuno)

OTOSIA.COM - Perekonomian nasional Indonesia memang masih belum kemali normal. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia apda kuartal I 2021 minus 0,74 persen.

Sementara secara kuartal to kuartal (qtq), pertumbuhan ekonomi Indonesia juga masih terkontraksi minus 0,96 persen. Mengatasi hal itu, beberap cara sudah diterapkan oleh pemerintah, termasuk untuk sektor otomotif, seperti relaksasi pajak mobil baru sampai pemberlakuan DP 0 persen.

Tapi tampkanya, masyarakat belum memprioritaskan pembelian mobil di tengah pandemi COVID-19, meskipun diketahui pabrikan otomotif di Indonesia kewalahan mendapatkan pesanan dari konsumen.

1 dari 5 Halaman

Mobil baru Sandiaga Uno (Instagram/sandiuno)

Belum lama ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno membagikan video untuk mengajak masyarakat kelas menengah ke atas untuk membelanjakan uangnya. Pada video yang dia bagikan melalui akun Instagram pribadinya, @sandiuno pada 10 Mei 2021 itu dia menunjukkan saat dia menjajal mobil Toyota Corolla Cross.

"Mengajak masyarakat kelas menengah ke atas untuk membelanjakan uangnya!

Jangan ditahan-tahan. Saatnya untuk berkontribusi membangkitkan kembali ekonomi sehingga lapangan kerja kembali terbuka luas.

Jutaan masyarakat menggantungkan mata pencahariannya di industri ini, dan saya ingin menjadi bagian dalam menyelamatkan lapangan kerja itu. 

Kalau bukan kita yang berkontribusi, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?" tulisnya pada keterangan video yang sudah ditonton lebih dari 300 ribu kali.

Toyota Corolla Cross dalam video tersebut rupanya dibeli oleh Sandi untuk anaknya, Sulaiman. "Coba Sul buka Sul, ini mobil baru kamu," kata Sandi.

2 dari 5 Halaman

Mobil baru Sandiaga Uno (Instagram/sandiuno)

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga melihat-lihat beberapa bagian mobil hybrid tersebut sebelum melakukan test drive. Seperti diketahui mobil hybrid adalah mobil perpaduan mesin bensin dan baterai.

Saat dipakai, baterai akan terisi pada kondisi tertentu. Contohnya, pada Corolla Cross, baterai mobil tersebut akan terisi kembali saat mobil dipakai melewati jalanan yang menurun.

Setelah kembali ke rumah, Sandi menjelaskan bahwa apa yang dia lakukan yakni membeli mobil baru adalah untuk membantu perekonomian. Dia mengungkapkan, dengan membelanjakan uang bisa membantu mendorong perekonomian.

"Jadi yang kita lakukan ini bersama Sulaiman, adalah satu membantu perekonomian, karena ternyata ekonomi kita sangat didorong dengna konsumsi kita. Jadi buat masyarakat menengah ke atas, mumpung ada keringanan-keringanan, mumpung ada pembebeasan PPnBM-nya kita dukung dengan berkonsumsi apalagi kalo corolla Crossnya diproduksi di Indonesia tahun depan," ungkap Sandi.

3 dari 5 Halaman

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

4 dari 5 Halaman

Toyota Corolla Cross

Sebagai Informasi, Toyota Corolla Cross baru diluncurkan ke Indonesia pada 6 Agustus 2020 lalu. SUV ini belum masuk dalam daftar mobil yang mendapatkan relaksasi PPnBM, lantaran belum memenuhi persyaratan seperti kandungan komponen lokal minimal 70 persen.

Sebelum mengaspal di pasar Tanah Air, Corolla Cross lebih dulu meluncur di Thailand.

Secara fisik, tak ada perbedaan mencolok pada fisik Toyota Corolla Cross Hybrid Indonesia dengan versi Thailand. Gril depannya terlihat besar dan diapit LED DRL yang dipadu projector headlight. Selain itu, terpasang juga bumper hitam besar dan skid-plate silver.

Geser ke samping, lekuk bodinya tak terlalu tegas dan dipadu body-moulding serta fender berwarna hitam. Sektor belakangnya pun tampil modern dengan LED taillight tipis, roof-spoiler, dan bumper besar serta skid-plate.

5 dari 5 Halaman

Harga Toyota Corolla Cross

(c) Toyota Indonesia

Interiornya tampil mewah berkat balutan kulit jok, dashboard, dan door-trim berwarna hitam dengan aksen silver, serta sunroof. Kabinnya juga terasa modern berkat head-unit besar serta ambient-light berwarna biru.

Untuk urusan performa, Toyota Corolla Cross dibekali mesin bensin 1.800 cc 4-silinder inline. Dapur pacu ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 140 ps dengan torsi maksimum mencapai 171 Nm.

Selain itu, hadir juga varian hybrid. Tipe ini mengawinkan mesin bensin 4-silinder inline 1.798 cc 98 ps/ 142 Nm dengan motor listrik bertenaga 72 ps dan torsi 162 Nm. Tentu konsumsi bahan bakarnya semakin efisien tanpa mengurangi performa dan kesenangan berkendaranya.

Berdasarkan keterangan resmi yang didapat redaksi Otosia, harga Toyota Corolla Cross dan Toyota Corolla Cross Hybrid berkisar di angka Rp457-498 juta per unit. Artinya, SUV tersebut menjadi mobil HEV (Hybrid Electric Vehicle) termurah yang dijual PT TAM untuk saat ini.

BERI KOMENTAR