HOME » BERITA » BELI RUSH, TERIOS, ATAU BR-V?

Beli Rush, Terios, atau BR-V?

Sabtu, 23 Januari 2016 20:45 Editor : Ahmad Khoirudin
Foto: arsip otosia.com

OTOSIA.COM - Ada satu pandangan bahwa konsumen yang ingin upgrade dari mobil pertama di kelas low-MPV, seperti Avanza-Xenia, Ertiga, Mobilio, akan memiliki mobil SUV, tepatnya di kelas low-SUV.

Dengan posisi sama-sama di kelas low, artinya ada harga yang tidak terlampau jauh untuk dikejar. Namun pilihan yang ada saat ini antara lain Rush, Terios, dan satu lagi pendatang baru adalah Honda BR-V. Semua bersosok MPV "separuh" SUV yang notabene memuat 7 orang.

Untuk BR-V, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan bahwa keunggulannya ada pada power dan pelek yang lebih besar dengan silisih harga yang tidak jauh dari kompetitor.

"Honda BR-V masuk di segmen LSUV kami menerobos yang tadinya hanya ada 2-3 produk, lalu kami tambah, jadi ada satu produk lagi sehingga konsumen menjadi punya banyak pilihan. Kita masuk ke sana dengan berbagai keunggulan fitur, dan juga harga yang sangat kompetitif. Beda cuma Rp 1 juta-Rp 2 juta, tetapi bisa dapat mobil yang lebih besar, pelek yang lebih besar, power lebih tinggi. Jadi itu lebih pada value for money," ujarnya.

Pelek besar

Jika Anda memang sedang menimbang-nimbang mana yang berpelek besar, pada dasarnya Rush, Terios, dan BR-V menawarkan sosok yang berbeda sehingga patokan ukuran tentu perlu pertimbangan apakah itu proporsional dengan tampilannya.

BR-V yang berbodi hampir setara Mobilio memang jadi terlihat punya ban berpelek besar karena ukurannya. Namun, sejatinya, ukuran ban BR-V lebih kecil dari Rush dan Terios, yakni dengan 195/ 60 R16.

Ukuran ringnya sendiri sama dengan Rush dan Terios, tetapi dua bersaudara itu punya ban lebih besar 235/60R16 (Rush) dan 215/65 R16 (Terios).

- Adu power

Omong-omong soal power, rupanya BR-V juaranya. Honda BR-V sendiri menggunakan mesin 1.500 cc i-VTEC. Dengan mesin itu, tenaga yang diklaim sebesar 118,35 HP dan torsi 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

Sementara itu, Rush dengan mesin sama 1.500 cc DOHC VVT-i berdaya maksimum 109 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Adapun Terios menyuguhkan power yang sama.

Harga

Honda BR-V transmisi manual dibanderol mulai dari Rp 226,5 juta (tipe S) dan Rp 236,5 juta (E), sedangkan yang matik CVT dibanderol Rp 246,5 juta (tipe E) dan Rp 261,5 juta (tipe Prestige).

Sementara itu, New Rush dilepas mulai dari harga Rp 238.950.000. Nah, untuk masalah harga, keunggulan masih dipegang Daihatsu yang mematok level awal di Rp 190.900.000 untuk tipe X transmisi manual.

(kpl/why/rd)

BERI KOMENTAR