HOME » BERITA » BELUM KE INDONESIA, TESLA SUDAH SIAPKAN PABRIK PERAKITAN DAN PRODUKSI DI INDIA

Belum ke Indonesia, Tesla Sudah Siapkan Pabrik Perakitan dan Produksi di India

Tak hanya berjualan dan membuka dealer di India, Tesla juga akan membangun pabrik perakitan dan produksi di India. Pabrik Tesla di India kemungkinan akan dibangun di Gujarat.

Kamis, 21 Januari 2021 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Belum ke Indonesia, Tesla Sudah Siapkan Pabrik Perakitan dan Produksi di India
Pabrik Tesla (Tesla)

OTOSIA.COM - Keputusan apakah Tesla akan menginjakkan 'kaki' di Indonesia masih belum diketahui pasti hingga saat ini. Kemungkinan keputusan itu akan semakin mendapatkan titik terang usai rencana Menteri BUMN Erick Thohir dilaksanakan pada Februari 2021 mendatang.

Erick Thohir baru akan membicarakan tentang kerja sama Indonesia dan Tesla pada bulan depan. Tapi rupanya Tesla lebih dulu hadir di India

Pada 8 Januari 2021 lalu, perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat itu sudah terdaftar di Registar of Companies India. Tesla India Motors and Enegry Ltd juga sudah dibuka di pusat kota India.

1 dari 3 Halaman

Lokasi Untungkan Tesla

Tak sekadar membuka dealer, tapi Tesla juga berniat membangun pabrik perakitan dan produksi di India. Dilansir dari Rushlane, Tesla diketahui sudah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Negara Bagian Maharashtra, Gujarat, Tamil Nadu dan Andhra Pradesh. Pabrik itu kemungkinan akan dibangun di Gujarat.

Pabrik itu kemungkinan akan didirikan di daerah Kandla atau Mundra, yang dekat dengan salah satu dari dua pelabuhan utama Kandla dan Mundra di negara bagian Gujarat. Pemilihan lokasi yang dekat dengan pelabuhan dinilai akan membantu pabrikan menghemat ongkos logistik.

Dekat dengan pelabuhan tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Tesla. Selain itu, Gujarat juga menjadi pusat manufaktur utama komponen mobil dan otomotif di India.

2 dari 3 Halaman

Viral Cuitan Warga +62 Beri Ultimatum ke Bos Tesla Elon Musk

Kabar kerja sama Indonesia dengan Tesla itu juga memengaruhi sentimen pasar. Beberapa emiten pertambangan pun terimbas dengan kabar perkembangan industri mobil listrik Tanah Air. Para pemain saham ritel pun bersemangat untuk berinvestasi.

 

Tapi rupanya, beberapa harga saham sejumlah emiten pertambangan itu sempat nyangkut alias tak mau naik beberapa hari lalu. Hal itu membuat para pemain saham ritel gemas.

 

(c) Twitter/trickyinvestor

 

Di media sosial Twitter, warganet pun membuat cuitan berisi ultimatum yang ditujukan kepada Bos Tesla Elon Musk. Cuitan itu terkesan serius tapi juga terkesan bercanda.

 

"The very important problem is u and ur team jadi datang kesini apa kagak, the nyangkuters need u." cuit akun @trickyinvestor dengan cara meng-quote retweet cuitan Elon Musk pada 18 Januari 2021.

 

3 dari 3 Halaman

Akun tersebut juga kemudian kembali membalas cuitan sebelumnya dengan menjabarkan kondisi yang baru-baru ini sedang disoroti. Pasalnya, beberapa orang ternyata tak segan untuk meminjam uang melalui pinjaman online demi membeli saham emiten yang dirasa sangat menguntungkan di masa yang akan datang jika Tesla benar-benar hadir di Indonesia.

(c) Twitter/trickyinvestor

"Dear om @elonmusk, u hace to came to this beautiful country, because there is some people did crazy things by minjem duit pinjol n makai uang nikah to haka saham-related-to-batere, so datanglah atau kami santet?!?" cuit akun tersebut.

Pengguna Twitter lain juga rupanya tak mau kalah memberikan ultimatum. Terlepas dari serius atau tidak, cuitan mereka cukup menghibur juga.

"Kalo gak kesini kesini, kita boikot Tesla dan colokin pakai charger vivan," cuit @taufichhilman

BERI KOMENTAR