HOME » BERITA » BARU SEBENTAR MUNCUL DI INDONESIA, MOBIL LISTRIK INI AKAN 'UNDUR DIRI'

Baru Sebentar Muncul di Indonesia, Mobil Listrik ini Akan 'Undur Diri'

Hyundai Ioniq baru dua tahun mengaspal di Indonesia. Namun demikian mobil listrik ini akan disuntik mati dalam waktu dekat.

Kamis, 09 Juni 2022 19:30 Editor : Arendra Pranayaditya
Baru Sebentar Muncul di Indonesia, Mobil Listrik ini Akan 'Undur Diri'
Hyundai Ioniq (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

OTOSIA.COM - Usia Hyundai Ioniq masih seumur jagung di Indonesia. Mobil berbasis listrik ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020 dan jarang menerima perubahan signifikan.

Hyundai Ioniq dijual dengan berbagai macam model. Khusus Indonesia, Ioniq hanya tersedia dengan jantung pacu berbasis listrik. Performa mobil ini tercatat di angka 136 PS dan torsi 295 Nm.

Dua model lainnya adalah Ioniq Prime dengan harga Rp 682 juta, lalu tipe termahal Hyundai Ioniq Signature dibanderol Rp 723 juta. Versi Signature mempunyai kumpulan fitur yang lebih lengkap.

1 dari 4 Halaman

Stop diproduksi

Sisi belakang Hyundai Ioniq (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Meski baru dua tahun di Indonesia, perjalanan Hyundai Ioniq akan segera berakhir dalam waktu dekat. Melansir motor.es, Rabu (8/6/2022), Hyundai secara resmi mengumumkan untuk memberhentikan produksi Ioniq pada bulan Juli 2022.

Hyundai Ioniq terbilang cukup laris di Indonesia. Berdasarkan data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk tahun 2021, mobil listrik itu mencatat angka 228 unit.

2 dari 4 Halaman

Angka tersebut terbilang sukses, lantaran Hyundai Ioniq menjadi mobil listrik terlaris kedua se-Indonesia. Posisi pertama diduduki Hyundai Kona Electric di angka 349 unit, sedangkan posisi ketiga diisi Nissan LEAF dengan total penjualan 26 unit.

Sementara di luar Indonesia, mobil ini tergolong sukses. Di Eropa sendiri Hyundai Ioniq terjual sebanyak 135.692 unit sejak awal peluncurannya di tahun 2016 hingga bulan Desember 2021 kemarin.

3 dari 4 Halaman

Pengganti

Hyundai IONIQ 6 yang mengabil bahasa desain dari Hyundai Prophecy (YouTube/Gotcha Cars)

Untuk sementara Hyundai belum mengungkapkan secara resmi mobil apa yang akan menggantikan Ioniq.

Namun, jika mengacu pada bodinya yang berbentuk sedan, kemungkinan besar mobil ini akan digantikan oleh Hyundai IONIQ 6 yang beberapa waktu lalu terciduk sedang tes jalan. Mobil tersebut mengusung desain sedan sporti, penuh lekukan dan tarikan garis tegas.

4 dari 4 Halaman

Hyundai IOINIQ 6 dikabarkan akan dipasangkan baterai berukuran 77.4 kWh dengan klaim jarak tempuh sejauh 515 km. Varian termahal dari mobil ini memboyong sistem penggerak empat roda (4WD) dan mempunyai output 308 hp.

Waktu peluncuran mobil sedan berbasis listrik ini diperkirakan akan berlangsung pada kuartal kedua tahun 2022 atau sekitar bulan Juni, lalu berlanjut ke tahap produksi sebulan setelahnya.

BERI KOMENTAR