HOME » BERITA » BENARKAH AMBULANS KOSONG MONDAR-MANDIR DI DKI JAKARTA UNTUK TAKUTI WARGA?

Benarkah Ambulans Kosong Mondar-mandir di DKI Jakarta untuk Takuti Warga?

Begini fakta ambulans kosong yang mondar-mandir di jalanan Jakarta

Sabtu, 03 Juli 2021 08:15 Editor : Ahmad Muzaki
Benarkah Ambulans Kosong Mondar-mandir di DKI Jakarta untuk Takuti Warga?
Antrean ambulans di RSD Wisma Atlet. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

OTOSIA.COM - Beberapa waktu belakangan informasi tentang mobil ambulans yang kosong mondar-mandir di jalan Jakarta viral. Diklaim, ambulans ini memang sengaja mondar-mandir agar masyarakat panik. Sehingga mereka mau untuk diswab dan vaksin COVID-19.

Berikut narasinya:

"Ambulan kosong sengata muter2 ciptakan kepanikan biar warga mau di swab dan vaxx kaga semenggah."

1 dari 4 Halaman

Penelusuran

Penelusuran cek fakta merdeka.com, kabar adanya mobil ambulans kosong sengaja berputar-putar untuk menakuti warga sudah dibantah oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Dilansir dari CNN Indonesia, Kepala Unit Pelayanan Ambulans Gawat Darurat Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Winarto ,membantah mobil ambulans kosong mondar-mandir di jalan raya untuk menakuti warga terhadap bahaya Covid-19.

2 dari 4 Halaman

Winarto menjelaskan bahwa ambulans mengalami peningkatan aktivitas gawat darurat hingga dua kali lipat di masa pandemi Covid-19. Setiap ambulans yang selesai mengantar pasien, maka akan kembali pergi untuk dibersihkan.

"Ambulans akan pergi ke tempat dekontaminasi, pembersihan ambulans/disinfektan. Untuk ambulans gawat darurat, tempat dekontaminasi di Sunter," kata Winarto saat dihubungi, Selasa (29/6).

3 dari 4 Halaman

Dalam perjalanan dari rumah sakit ke tempat dekontaminasi di Sunter, ambulans tentu dalam keadaan kosong. Winarto menganggap itu disalahartikan oleh masyarakat.

"Mungkin ini yang terlihat ambulans seperti enggak bawa penumpang atau kosong, karena akan menuju tempat dekon atau kosong sehabis proses dekon. Proses dekon sendiri memakan waktu 1-1,5 jam," ujarnya.

4 dari 4 Halaman

Kesimpulan

Atas penelusuran tersebut, informasi tentang mobil ambulans kosong mondar-mandir di jalan untuk menakuti warga adalah hoaks.

Padahal faktanya ambulans tersebut tengah beroperasi menyusul lonjakan kasus COVID-19 di DKI Jakarta. Selesai mengantar pasien, maka ambulans pergi dengan keadaan kosong untuk dibersihkan.

Penulis: Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR