HOME » BERITA » BENARKAH ASURANSI TAK TANGANI MOBIL TERBAKAR AKIBAT MODIFIKASI?

Benarkah Asuransi Tak Tangani Mobil Terbakar Akibat Modifikasi?

Tak sedikit yang beranggapan asuransi mobil akan gugur ketika terjadi kebakaran yang diakibatkan modifikasi.

Senin, 21 Oktober 2019 19:15 Editor : Cornelius Candra
Benarkah Asuransi Tak Tangani Mobil Terbakar Akibat Modifikasi?
Hyundai Kona modifikasi (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Modifikasi merupakan salah satu jalan bagi pemilik mobil yang merasa kurang puas dengan kendaraannya. Ubahan yang dilakukan pun beragam, mulai sekadar kosmetik hingga performa. Ternyata, hal ini juga berpengaruh pada klaim asuransi, ketika terjadi kecelakaan dan kerusakan.

Dijelaskan Communication & Event Manager PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto), Laurentius Iwan Pranoto, bagi pemilik mobil yang melakukan modifikasi sekecil apapun, silahkan lapor kepada pihak asuransi. Nantinya, bakal disurvei apakah modifikasi yang dilakukan bisa dicover atau tidak.

"Intinya harus lapor, jika melakukan modifikasi atau tambahan apapun. Dilihat, modifikasi yang dilakukan meningkatkan profil resiko atau tidak, dan ditentukan preminya ditambah atau ditolak," jelas Iwan saat dihubungi Liputan6.com melalui sambungan telepon, Minggu (20/10/2019).

Lanjut Iwan, jangan sampai pemilik mobil tidak melapor kepada pihak asuransi saat melakukan modifikasi, meskipun itu hanya melakukan penambahan ringan seperti kaca film.

1 dari 1 Halaman

Tingkatkan Potensi Kerusakan

Benarkah Asuransi Tak Tangani Mobil Terbakar Akibat Modifikasi?Tingkatkan Potensi Kerusakan

"Gini, saat ganti kaca film dan tidak lapor, saat kaca rusak atau pecah tidak akan kita ganti kaca filmnya, kan sayang. Tapi kalau lapor, misalkan karena kaca film yang digunakan mahal, jika kami terima maka jika terjadi sesuatu akan kita ganti," tegasnya.

Sementara itu, berbicara soal modifikasi yang meningkatkan profil resiko, pria ramah ini mencontohkan beberapa ubahan, seperti mobil dibikin lebih pendek atau ceper.

"Itu kan meningkatkan resiko, mobil bisa lebih gampang rusak karena terkena jalanan. Kemudian, penggantian pelek yang lebih lebar juga, lalu yang berhubungan dengan kelistrikan, seperti pemasangan audio dan lampu," jelasnya.

Sebagai informasi, saat melakukan pelaporan modifikasi juga nanti akan ditentukan, apakah modifikasi yang dilakukan menambah premi atau sudah termasuk dalam cover dengan premi yang standar.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR