HOME » BERITA » BENARKAH DI PELAT NOMOR ADA KODE KHUSUS UNTUK BEDAKAN KENDARAAN CASH ATAU KREDIT?

Benarkah di Pelat Nomor Ada Kode Khusus untuk Bedakan Kendaraan Cash atau Kredit?

Ini fakta di balik isu pelat nomor punya kode khusus untuk bedakan kendaraan cash atau kredit

Sabtu, 25 September 2021 11:15 Editor : Ahmad Muzaki
Benarkah di Pelat Nomor Ada Kode Khusus untuk Bedakan Kendaraan Cash atau Kredit?
Jalur Puncak akan Ditutup Pukul 18.00 WIB. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

OTOSIA.COM - Publik dihebohkan dengan isu bahwa pelat nomor memiliki kode khusus untuk membedakan kendaraan cash atau kredit. Video yang menyebutkan informasi tersebut beredar di media sosial.

Disebutkan dalam video itu, jika kendaraan dibeli secara cash maka angka depan pelatnya 4 dan 6. Sedangkan jika kendaraan mobil atau motor yang dibeli secara kredit maka angka depan pelatnya 1, 2, 3, 5, 7, 8, dan 9.

Kominfo

1 dari 3 Halaman

Penelusuran

Setelah ditelusuri perbedaan nomor pelat kendaraan yang dibeli secara cash dan kredit adalah tidak benar.

Dikutip dari kompas.com,Kasubdit STNK Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Komisaris Besar M. Taslim Chairuddin mengatakan informasi mengenai perbedaan penomoran pada pelat kendaraan berdasarkan jenis transaksi pembelian adalah informasi yang tidak benar alias hoaks.

"Isu di atas itu bohong alias hoaks," ujar Taslim

2 dari 3 Halaman

Taslim menjelaskan penomoran pada pelat nomor kendaraan dilakukan secara sistematis. Penomoran akan urut secara otomatis. Pemberian pelayanan regident kendaraan bermotor bertujuan untuk melindungi masyarakat atas kepemilikan ranmor.

"Pemberian pelat nomor adalah untuk memudahkan pengidentifikasian di lapangan sehingga pemberian nomor urut begitu saja," kata Taslim.

Ia menyebutkan, selama ini juga ada yang meminta nomor pelat sesuai keinginan. Untuk pembuatan nomor pelat kendaraan bermotor berdasarkan nomor pilihan atau yang dikenal dengan "nomor cantik", maka akan dikenakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

3 dari 3 Halaman

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tersebut, terkuak fakta bahwa informasi tentang kode khusus untuk membedakan kendaraan cash atau kredit adalah hoaks alias tidak benar.

Referensi

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/23/135000265/benarkah-ada-kode-pelat-nomor-kendaraan-yang-dibeli-cash-dan-kredit-?page=all#page2
https://www.kominfo.go.id/content/detail/37138/disinformasi-kode-angka-pada-pelat-nomor-kendaraan-menandakan-pembelian-kendaraan-secara-cash-atau-kredit/0/laporan_isu_hoaks

Penulis: Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR