HOME » BERITA » BENARKAH FOTO INI PENAMPAKAN MOBIL ESEMKA?

Benarkah Foto Ini Penampakan Mobil Esemka?

Beredar foto mobil yang diklaim sebagai penampakan Esemka. Benarkah?

Rabu, 09 September 2020 12:45 Editor : Ahmad Muzaki
Benarkah Foto Ini Penampakan Mobil Esemka?
Klaim foto mobil Esemka (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Viral baru-baru ini sebuah foto mobil yang diklaim sebagai penampakan mobil Esemka. Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Rudi Bandos pada Selasa, 8 September 2020 kemarin.

Unggahan foto tersebut berisi tampilan sebuah mobil berwarna mewah. Desainnya pun cukup membingungkan, sebab roda mobil tidak menghadap ke depan, melainkan ke samping.

Pada mobil tersebut terdapat tulisan "ESEMKA"

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"INI PENAMPAKKAN MOBIL GHOIB DAN HANYA PARA CEBONG YANG BISA MENJELASKANNYA MANA DEPAN MANA BELAKANG DAN MANA YANG DISAMPING..JELASIN YANG SEJALAS-JELASNYA YA BONG BIAR CEPAT LAKU TERJUAL MOBIL GHOIB INI... ????????????????"

Benarkah foto tersebut merupakan penampakan mobil Esemka? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

1 dari 3 Halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penampakan mobil Esemka dengan menggunakan Google Image.

2 dari 3 Halaman

Penelusuran mengarah pada situs memedroid.com, situs tersebut memuat foto mobil yang identik dengan klaim foto penampakan mobil Esemka. Namun, tidak terdapat tulisan "Esemka" pada mobil tersebut.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Mau Ketawa Takut Dipenjara, Mobil Esemka Mendunia Bikin Ngakak" yang dimuat situs viva.co.id, pada 8 Juni 2020.

Artikel situs situs viva.co.id membuat foto mobil yang identik dengan klaim foto penampakan mobil Esemka. Dengan diberi keterangan foto tersebut merupakan ilustrasi satire mobil Esemka.

3 dari 3 Halaman

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelurusan Cek Fakta Liputan6.com, diketahui bahwa klaim foto penampakan mobil Esemka tersebut tidak benar. Foto itu merupakan ilustrasi yang telah diedit dengan memberikan tulisan Esemka.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

BERI KOMENTAR