HOME » BERITA » BENARKAH KUNCI CENTRAL LOCK CEPAT RUSAK JIKA DIBUKA MANUAL?

Benarkah Kunci Central Lock Cepat Rusak Jika Dibuka Manual?

Alat central lock cepat rusak jika membuka pintu secara manual. Begini tanggapan Daihatsu.

Kamis, 30 September 2021 11:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Benarkah Kunci Central Lock Cepat Rusak Jika Dibuka Manual?
Ilustrasi tombol central lock (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

OTOSIA.COM - Pintu mobil dengan sistem central lock kerap ditemukan pada mobil-mobil modern. Menurut situs resmi daihatsu.co.id, pada dasarnya alat itu berguna untuk membuka dan mengunci seluruh pintu mobil secara elektronik melalui menekan tombol khusus di pintu.

Central lock memberikan kemudahan bagi pengemudi. Dengan sentuhan satu tombol, setiap pintu mobil akan seluruhnya terbuka atau terkunci. Proses ini tidak memakan waktu panjang karena pengemudi tidak perlu membuka dan mengunci setiap pintu secara manual.

1 dari 4 Halaman

Buka pintu secara manual, central lock rusak?

(TikTok/@teguh.ku)

Namun berbedar kabar bahwa membuka pintu central lock secara manual dapat merusak komponen di dalamnya.

Hal ini disampaikan pemilik akun TikTok @teguh.ku. Pada video berjudul 'Jangan Buka Secara Manual untuk Mobil Central Lock' Selasa (3/8/2021).  Pengunggah memberikan contoh membuka pintu mobil tanpa menggunakan central lock.

2 dari 4 Halaman

Pasalnya membuka pintu mobil dengan central lock secara manual akan membuat kerusakan sistem itu. Paling ideal, kata dia, adalah meminta pengemudi untuk menekan tombol pembuka kunci pintu.

"Kalau mobil-mobil kayak gini, dia kan sudah punya central lock. Nah kalau Kalian duduk di (kursi penumpang) atau di belakang, jangan biasakan membuka dari (tombol lock di pintu). Lama-lama bisa merusak central locknya guys. Jadi sebaiknya kalian minta dibukain sama pengemudi, biar mobil tidak gampang rusak," tutur pemilik akun itu.

3 dari 4 Halaman

Penjelasan Daihatsu

Ilustrasi tombol central lock (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Menanggapi pandangan tersebut, Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), justru mengatakan sebaliknya. Menurut Bambang, mobil-mobil dengan sistem central lock tidak akan mengalami masalah jika dibuka secara manual.

"Secara teknik, pembukaan central lock secara manual di masing-masing pintu tidak membuat problem," ungkap Bambang kepada Otosia.com, Rabu (29/9/2021).

4 dari 4 Halaman

Selain itu, lanjut Bambang, dia tidak pernah menemukan insiden kerusakan central lock akibat membuka pintu secara manual. Hanya saja ia mengingatkan untuk memeriksa kembali setelah mengunci secara manual, supaya setiap pintu tertutup dan terkunci dengan benar.

"Bila sudah dibuka secara manual, maka driver harus melakukan crosscheck (menekan tombol unlock/ lock) untuk memastikan semua pintu terkunci, sehingga aman," tutup Bambang.

BERI KOMENTAR