HOME » BERITA » BENARKAH MENYALAKAN DIM BISA BIKIN LAMPU LALU LINTAS CEPAT BERGANTI WARNA?

Benarkah Menyalakan Dim Bisa Bikin Lampu Lalu Lintas Cepat Berganti Warna?

Lampu lalu lintas di luar negeri rata-rata menggunakan sensor. Maka warna lampu akan berganti jika sensor menangkap sinyal dari jumlah kendaraan yang mengantre.

Kamis, 09 Mei 2019 20:30 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Quora)

OTOSIA.COM - Lampu lalu lintas di luar negeri rata-rata menggunakan sensor. Maka warna lampu akan berganti jika sensor menangkap sinyal dari jumlah kendaraan yang mengantre.

Ada anggapan yang beredar, jika menyalakan lampu dim, atau mengedim bisa membuat pergantian warna lampu lalu lintas cepat berubah. Benarkah?

Melansir Zing, menurut Former Deputy Sheriff Amerika Serikat, John Diefenback, menjelaskan bahwa hal itu tidak benar.

Lampu lalu lintas beroperasi berdasarkan sensor yang dipasang di jalan. Setiap jalur memiliki sensornya sendiri.

Hampir semua lampu lalu lintas saling terhubung dan dikendalikan oleh komputer pusat. Komputer akan mengatur waktu untuk lampu sinyal dan bisa berubah pada waktu tertentu dalam sehari.

Misalnya, di beberapa area, pada malam hari lampu lalu lintas akan menyala kuning atau mati sepenuhnya untuk membantu kendaraan melaju lebih cepta.

Dengan sistem sinyal pintas, sensor pada jalur akan menghitung jumlah kendaraan yang melewatinya. jika jumlah kendaraan meningkat, maka lampu hijau akan menyala lebih lama untuk mengurangi jumlah antrean.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR