HOME » BERITA » BENARKAH MOBIL TESLA TAK SERAMAH LINGKUNGAN YANG DIPIKIRKAN?

Benarkah Mobil Tesla Tak Seramah Lingkungan yang Dipikirkan?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Tesla tak jauh beda dengan mobil bermesin bensin dan diesel.

Selasa, 26 Juni 2018 15:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Autoevolution

OTOSIA.COM - Tesla merupakan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan daripada mobil bermesin bensin dan diesel. Tak heran jika harga mobil Tesla pun sangat tinggi.

Tapi, melansir Autoevolution, nyatanya Tesla sama buruknya bagi lingkungan seperti mobil bensin atau diesel. Fakta ini muncul setelah sebuah penelitian dilakukan.

Analis energi di London, Engaged Tracking-lah yang melakukan penelitian ini. Tampaknya, mobil Tesla juga buruk bagi lingkungan, setidaknya di Inggris.

Tapi hal itu bukan karena kontribusi polusi secara langsung yang membuat Tesla buruk, tapi lebih ke proses di pabrik. Dengan kata lain, sama saja dengan proses mobil bensin ataupun diesel.

Foto by autoevolution

"Emisi tahunan mobil di Inggris adalah 1,5 ton CO2, dengan rata-rata 7.800 mil per tahun. Tesla Model S yang kami analisis memiliki emisi yang sama dengan mobil bensin, yakni 1,5 ton CO2 per tahun," jelas pihak Engaged Tracking, Harris Jonathan.

Mobil Tesla lebih besar daripada mobil pada umumnya dan ditenagai oleh listrik. Isu yang sama juga dirasakan semula mobil listrik, Harris melanjutkan.

Satu-satunya perbedaan antara Tesla dan mobil yang lebih kecil, terlihat pada BMW i3 yang juga merupakan mobil listrik. Disebutkan bahwa i3 15 persen lebih efisien daripada Tesla karena lebih kecil.

Foto by autoevolution

Temuan ini pun ditanggapi oleh pihak Tesla bahwa menyamakan dengan mobil bensin atau diesel adalah hal yang diluar konteks.

"Ketka Model S dikomparasikan dengan Sedang besar, si Sedan menghasilkan emisi hingga 300 persen, " ujar Tesla.

"Emisi dari hasil ekstraksi minyak, pemurnian dan distribusi menambah 25 persen emisi CO2 dari mobil bensin. Analisis lainnya menunjukkan bahwa kendaraan seperti Tesla menghasilkan emisi CO2 lebih rendah daripada mobil bensin," pungkas Tesla.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR