HOME » BERITA » BENARKAH VIDEO KECELAKAAN INI YANG MENEWASKAN PEMBUAT KARIKATUR NABI MUHAMMAD?

Benarkah Video Kecelakaan Ini yang Menewaskan Pembuat Karikatur Nabi Muhammad?

Berikut ini cek fakta video kecelakaan yang diduga menewaskan pembuat karikatur Nabi Muhammad

Sabtu, 16 Oktober 2021 11:15 Editor : Ahmad Muzaki
Benarkah Video Kecelakaan Ini yang Menewaskan Pembuat Karikatur Nabi Muhammad?
Lars Vilks. ©EPA via BBC

OTOSIA.COM - Pembuat karikatur Nabi Muhammad, Lars Vilks dikabarkan telah meninggal. Ia dikabarkan meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil. Bahkan video kecelakaan tersebut ramai beredar di media sosial.

Mobil hitam yang dikendarainya hancur dan terbakar. Beberapa orang terlihat berusaha memadamkan mobil yang terbakar. Mobil itu dalam kondisi terjepit di bawah sebuah truk kontainer gandeng dan mengklaim Lars Vilks tewas mengenaskan.

"video kematian Lars Vilks, membuat bergidik ngeri. Dia terbakar hidup-hidup selama 3 jam. Jeritan kesakitannya terdengar jelas. Vilks terdengar meraung-raung kepanasan. Kobaran api di mobilnya semakin besar. Tak ada yang bisa memadamkan."

Instagram

1 dari 4 Halaman

Penelusuran

Dilansir dari Liputan6.com, menelusuri klaim video kecelakaan yang menewaskan pembuat karikatur Nabi Muhammad Lars Vilks, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex.

Hasilnya, kecelakaan mobil tersebut terjadi di Rusia pada tahun September 2014 silam. Dikutip dari situs automotobike.ru, pada 23 September 2014. Artikel tersebut memuat foto yang identik dengan video.

Kecelakaan mengerikan itu terjadi di jalan raya Izhevsk, sebagai akibat dari tabrakan truk dengan dua trailer penuh dan VAZ 2907 di bawahnya, mobil ditutup oleh api, orang-orang di sekitar dalam keadaan shock. Akibat kecelakaan lalulintas, seorang berusia 39 tahun meninggal.

2 dari 4 Halaman

Dilansir dari merdeka.com berjudul "Kartunis Swedia Pembuat Kartun Nabi Muhammad Tewas karena Kecelakaan" dimuat pada 4 Oktober 2021. Kartunis Swedia yang membuat karikatur kepala Nabi Muhammad tewas dalam kecelakaan, menurut media lokal.

Lars Vilks dilaporkan sedang berjalan-jalan menggunakan kendaraan polisi sipil yang bertabrakan dengan truk di dekat kota Markaryd di Swedia selatan. Dua anggota polisi juga tewas dan sopir truk tersebut terluka.

3 dari 4 Halaman

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan diketahui bahwa video kecelakaan yang diklaim menewaskan Lars Vilks pembuat karikatur Nabi Muhammad adalah tidak benar. Faktanya, video yang beredar merupakan kecelakaan mobil yang terjadi di Rusia pada tahun September 2014 silam.

4 dari 4 Halaman

Referensi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4681193/cek-fakta-tidak-benar-video-ini-kecelakaan-yang-menewaskan-pembuat-karikatur-nabi-muhammad-lars-vilks

https://www.merdeka.com/dunia/kartunis-swedia-pembuat-kartun-nabi-muhammad-tewas-karena-kecelakaan.html

Penulis: Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR