HOME » BERITA » BENDUNG SERANGAN XPANDER, TOYOTA AVANZA TERBARU MELUNCUR TAHUN DEPAN?

Bendung Serangan Xpander, Toyota Avanza Terbaru Meluncur Tahun Depan?

Rabu, 06 Desember 2017 12:17

Bendung Serangan Xpander, Toyota Avanza Terbaru Meluncur Tahun Depan?
Ilustrasi Toyota Avanza by Toyota
Editor : Nurrohman Sidiq Mobil Terkait : Mobil Toyota Avanza Dijual

Otosia.com - Kedatangan Mitsubishi Xpander memang menjadi momok bagi para produsen roda empat versi L-MPV (low multi-purpose vehicles) di Tanah Air. Terbukti sejak peluncurannya pertama kali pada bulan Juli lalu, Mitsubishi sudah mengantongi angka penjualan Xpander lebih dari 30 ribu unit.

Makin tajamnya Mitsubishi Xpander menekan pasar nasional, tentunya berpengaruh terhadap penjualan pemain lama seperti Toyota Avanza yang memang bersaing alot dengan mobil berdesain mirip All-New Mitsubishi Pajero Sport tersebut. Bahkan, bukan hanya di lini mobil baru saja, sektor market mobil bekas pun ikut terpengaruh!

Lantas apa strategi Toyota selanjutnya?

Setelah meluncurkan All-New Toyota Rush, terendus kabar bahwa PT Toyota-Astra Motor (TAM) tidak akan tinggal diam dan diberitakan bakal ikut menyegarkan Avanza di tahun 2018 mendatang.

"Setelah All New Toyota Rush diluncurkan, giliran Avanza pada tahun depan," ungkap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM kepada Merdeka.com, baru-baru ini.

Pria yang biasa disapa Soerjo ini menjelaskan bahwa biasanya Toyota Indonesia membutuhkan waktu sekitar tiga hingga lima tahun dalam melaksanakan product planning. Tetapi untuk kasus Avanza, Soerjo menyebut pihaknya memutuskan untuk mempercepatnya di tahun depan.

Soerjo sendiri masih enggan merinci akankah model terbaru ini bakal menggunakan platform All-New model atau hanya minor change.

Dalam sepak terjangnya, mobil yang terkenal dengan sebutan "mobil sejuta umat" itu sudah pernah mengalami perubahan total pada Agustus tahun 2015 dan diikuti penyegaran minor di tahun-tahun berikutnya.

Meski dibilang bersaing ketat dan cukup ketir-ketir melihat membengkaknya pasar Mitsubishi Xpander, faktanya Avanza masih tidak berkutik sebagai jawara penjualan mobil di Indonesia. Per Oktober saja, Avanza berhasil menempati posisi teratas dengan total penjualan 99.418 unit atau rata-rata sekitar 10 ribu unit per bulan. Selanjutnya diikuti Daihatsu Xenia di peringkat kedua dengan 31.743 unit.

 (kpl/sdi)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-6
detail

BERITA POPULER