HOME » BERITA » BENJOLAN MENYALA DI TENGAH JALAN BUKAN HIASAN, INI FUNGSINYA

Benjolan Menyala di Tengah Jalan Bukan Hiasan, Ini Fungsinya

Terlihat indah juga benjolan itu, karena ada kalanya menyalanya tak serentak. Taukah kamu, benjolan itu disebut dengan paku jalan atau road stud.

Kamis, 29 Maret 2018 20:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Liputan6.com

OTOSIA.COM - Saat berkendara, terkadang di garis marka jalan terlihat ada benjolan. Apalagi saat malam hari, benjolan-benjolan itu menyala-nyala.

Terlihat indah juga benjolan itu, karena ada kalanya menyalanya tak serentak. Taukah kamu, benjolan itu disebut dengan paku jalan atau road stud.

Bukan hiasan ya, tapi paku jalan itu berfungsi sebagai reflektor marka jalan, khususnya pada malam hari atau cuaca ekstrem.

Paku jalan juga dilengkapi dengan pemantul cahaya berwarna kuning, merah, atau putih yang bisa berfungsi dalam kondisi permukaan aspal kering atau basah.

Paku jalan ini terbuat dari bahan aluminium alloy. Sedangkan reflektornya berbagan dari manik-manik khusus yang dapat memantulkan cahaya, anti pecah dan tidak akan memudar. Reflektor ini tak jarang berupa lampu LED yang ditenagai baterai maupun tenaga surya.

Melansir situs resmi Daihatsu, warna paku jalan sendiri tak boleh sembarangan. Sebab setiap warna memiliki fungsi yang berbeda.

Reflektor warna kuning digunakan sebagai pemisah lajur lalu lintas. Reflektor berwarna merah digunakan sebagai garis batas di sisi kiri jalan. Reflektor putih digunakan pada garis batas sisi kanan jalan.

Sudah tau kan? Paku jalan ini ternyata memiliki fungsi yang sangat penting dalam kondisi jalan minim penerangan.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR