HOME » BERITA » BENSIN KOSONG DI TANGKI BISA RUSAK MOTOR INJEKSI?

Bensin Kosong di Tangki Bisa Rusak Motor Injeksi?

Sabtu, 16 Januari 2016 19:15 Editor : Ahmad Khoirudin
Ilustrasi Motor Injeksi (Foto: Hafid)

OTOSIA.COM - Motor berteknologi injeksi dihadirkan untuk menghasilkan performa dan efisiensi bahan bakar yang terkontrol dibanding karburator. Namun beredar mitos yang mengatakan bahwa motor injeksi tak boleh kehabisan bahan bakar. Sebab, apabila diisi bahan bakar kembali motor injeksi tak akan menyala lagi atau berisiko rusak.

Menanggapi mitos tersebut, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku pemegang merek motor Honda di Indonesia menampik hal itu. Justru teknologi injeksi dihadirkan untuk memudahkan konsumen dalam berkendara.

"Kalau di Honda kami tidak pernah dapat permasalahan seperti itu. Bensin habis sama sekali tidak masalah, nanti begitu diisi lagi mesin akan langsung menyala. Mitos ini bisa ada mungkin karena ada yang pernah mengalami, tapi di Honda tidak pernah tuh," jelas General Manager Technical Service Division PT AHM Wedijanto Widarso.

Namun, Ia mengatakan bahwa beberapa faktor bisa saja menyebabkan mesin tidak bisa menyala seperti penyumbatan saluran bahan bakar atau kotoran yang masuk ke dalam ruang pembakaran.

"Bisa saja, tapi kalau di Honda itu sudah kita antisipasi. Filter bahan bakar kami buat berlapis-lapis. Jadi mustahil kotoran bisa masuk ke mesin. Filter kami bisa menyaring kotoran sampai ukuran 5 mikron, ukuran segitu kalau masuk ke mesin pasti langsung terbakar," jelasnya.

(kpl/fid/rd)

BERI KOMENTAR