HOME » BERITA » BERANI BERUBAH: BELAJAR DI MOBIL WIFI SAAT PANDEMI COVID-19

Berani Berubah: Belajar di Mobil WiFi saat Pandemi COVID-19

Sistem pembelajaran secara daring cukup merepotkan, terlebih jika tak ada jaringan internet yang memadai. Sekolah Relawan pun memanfaatkan mobil sebagai penyedia jaringan internet untuk kegiatan belajar di pelosok Jawa Barat.

Selasa, 20 Oktober 2020 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Berani Berubah: Belajar di Mobil WiFi saat Pandemi COVID-19
Mobil WiFi (Istimewa)

OTOSIA.COM - Kegiatan belajar-mengajar semua tingkatan pendidikan dialihkan menjadi daring. Metode ini menuntut semua orang tua bisa memfasilitasi putra-putrinya dengan gadget dan jaringan internet yang memadai.

Tapi sayangnya tak semua bisa mendapatkan fasilitas yang memadai itu. Sekolah Relawan punya solusi untuk masalah kesulitan belajar daring. Mereka menggunakan mobil sebagai penyedia WiFi. Sekolah Relawan membawa mobil WiFI ke pelosok-pelosok di sekitar Bogor, Jawa Barat, untuk membantu anak-anak sekolah dalam proses belajar menggunakan jaringan internet.

Ide mobil WiFi ini muncul saat Abdul Manaf, Kepala Program Sekolah Relawan, melihat banyak anak-anak yang kesulitan saat belajar daring. Terutama bagi keluarga dengan ekonomi bawah. Abdul sadar, bagi mereka yang kurang mampu, belajar melalui daring ini semakin membebani hidup mereka.

"Ya rata-rata mereka nggak punya HP yang memadai, apalagi wifi gitu ya. Atau internet gratis itu kan sulit," kata Abdul,dalam program Berani Berubah hasil kolaborasi SCTV, Indosiar, Liputan6.com dan merdeka.com.

1 dari 2 Halaman

Berani Berubah: Belajar di Mobil WiFi saat Pandemi COVID-19

Akhirnya Abdul beserta teman-temannya membuka jasa mobil WiFi, dengan menyediakan jaringan internet hingga meminjamkan sebuah laptop untuk anak-anak. Tujuannya, agar memudahkan mereka melakukan proses belajar melalui daring.

"Sejauh ini relawan mencoba memfasilitasi itu dengan menyediakan 10 unit handphone yang bisa dipinjamkan ke anak-anak. Kita setiap mobile wifi ini biasanya kita bawa tiga unit laptop untuk bisa mereka gunakan. Satu untuk user, untuk pengendali internetnya, dua lagi bisa dipinjamkan ke siswa yang membutuhkan," kata Abdul.

Bantuan mobil WiFi sudah berjalan satu bulan. Ada empat lokasi yang didatangi mobil WiFi, yakni Cijeruk, Kab. Bogor, Cigudeg, Bojong Gede, dan minggu keempat di daerah Cipaku, Kota Bogor.

"Jadi 1 lokasi itu kita dalam satu pekan, itu dari Senin sampai Jumat, kita fasilitasi setiap hari di satu lokasi itu," kata Abdul.

2 dari 2 Halaman

Berani Berubah: Belajar di Mobil WiFi saat Pandemi COVID-19

Meski begitu, Abdul mengaku sempat menemui kendala selama menjalani bantuan mobil WiFi. Salah satunya kendala jaringan, karena tiap daerah berbeda-beda. ALhasil, Abdul dan teman-temannya harus menyediakan berbagai macam provider yang cocok dengan wilayah yang dituju.

Warga setempat menyambut baik bantuan mobil WiFi ini, terutama anak-anak sekolah. Mereka merasa terbantu selama proses belajar daring, ada yang meminjam ponsel sampai menggunakan WiFi. Bahkan salah satu orangtua mereka menyuruh untuk belajar dengan menggunakan mobil WiFi.

"Aku ke sini disuruh orang tua. Karena HPnya sekeluarga 1. Adik belajar, aku belajar, kakak belajar. Aku pengen punya HP sendiri. Tapi sejauh ini bisa minjem udah bagus," kata salah satu anak yang menggunakan mobil WiFi.

Abdul berharap banyak yang mendukung bantuannya ini. Apalagi masih banyak anak-anak yang membutuhkan bantuan untuk belajar daring. Dengan adanya bantuan ini, Abdul ingin memudahkan proses belajar anak-anak sekolah.

"Hikmahnya kita bisa lebih banyak orang yang dibantu. Jadi orang yang bisa menerima manfaat dampaknya itu lebih banyak lagi, lebih luas lagi," tutup Abdul.

Penulis: Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR