HOME » BERITA » BERANI BERUBAH, PARA MEKANIK INI PRODUKSI MINIATUR SERANGGA DARI PART BEKAS MOTOR

Berani Berubah, Para Mekanik Ini Produksi Miniatur Serangga dari Part Bekas Motor

Demi menambah penghasilan, sekumpulan mekanik motor ini produksi miniatur serangga dari part bekas motor

Selasa, 01 September 2020 20:15 Editor : Ahmad Muzaki
Berani Berubah, Para Mekanik Ini Produksi Miniatur Serangga dari Part Bekas Motor
Capung dari part bekas motor (RideApart)

OTOSIA.COM - Bengkel motor menjadi tempat di mana kendaraan roda dua diperbaiki. Saking seringnya motor yang keluar masuk, tak heran jika tempat tersebut dijejali part-part bekas. Sebab tak semua pemilik kendaraan mau membawa pulang komponen bekasnya tersebut.

Siapa sangka, barang-barang bekas tersebut malah mendatangkan berkah bagi para mekanik di daerah Phnom Penh, Kamboja. Berani berubah yang mereka lakukan ini merupakan salah satu cara bertahan hidup. Pasalnya penghasilan mereka sedang menurun drastis.

1 dari 4 Halaman

Rideapart.com

Melansir dari RideApart, awalnya ide berani berubah ini diusulkan oleh distributor oli lokal di negara tersebut. Daripada part-part bekas dijual, lebih baik dijadikan karya seni logam yang memiliki nilai jual.

"Tim bengkel sepeda motor yang saya suplai oli mesin sedang kehilangan penghasilannya. Lebih sedikit orang yang datang untuk mengganti oli mesin, sehingga mereka tidak dapat lagi membeli produk yang saya jual," tutur pemilik distributor oli.

2 dari 4 Halaman

Rideapart.com

Kemudian sejak Juni 2020 lalu, delapan mekanik sepeda motor berkumpul dan membuat kelompok yang diberi nama Silapak Daek OMA. Hasilnya, mereka telah memroduksi miniatur serangga, seperti capung, laba-laba, belalang, nyamuk, dan lain sebagainya.

3 dari 4 Halaman

Rideapart.com

Ke depannya, mereka akan memroduksi karya seni logam yang berukuran besar. Rencananya sebuah robot raksasa dan Iron Man bakal diciptakan dari part-part bekas sepeda motor.

4 dari 4 Halaman

Rideapart.com

Target pasarnya pun hampir menyasar segala jenis bisnis yang ada, dari toko hingga perhotelan. Bahkan, miniatur nyamuk produksi mereka akan dipasang di tempat umum. Tujuannya untuk mengingatkan akan bahayanya penyakit yang dibawa serangga itu.

BERI KOMENTAR