HOME » BERITA » BERAPA BANYAK UDARA YANG DIBUTUHKAN SEBELUM BAN MOBIL MELETUS?

Berapa Banyak Udara yang Dibutuhkan Sebelum Ban Mobil Meletus?

Sabtu, 08 April 2017 10:25

Berapa Banyak Udara yang Dibutuhkan Sebelum Ban Mobil Meletus?
Ban BMW (foto: Virgin Vehicle)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Ban karet yang merupakan part krusial pada mobil memiliki peran yang sangat dahsyat, untuk menjadi perantara dan memperhalus kinerja mobil supaya tidak terasa 'bergeronjal' jika berjalan di tempat yang tidak rata, itulah mengapa ban dibuat dari karet.

Lantas apa yang membuat ban karet sendiri mampu menahan beban hingga berton-ton pada mobil maupun truk? Jawabnya adalah eksistensi udara yang diinjeksikan ke dalam ban, baik lewat kompresor, pompa dan alat-alat lain yang mungkin sejenis.

Pertanyaannya adalah, berapa lama atau banyak ban bisa menampung udara sehingga ban penuh, kemudian berapa pula limitnya sebelum ban meletus? Vehicle Virgin menggunakan sample ban dengan kemampuan rata-rata yang biasa dipergunakan mobil MPV untuk mengukurnya.

Menurut penelitian Vehicle Virgin, biasanya ban akan mulai penuh dengan tekanan udara hingga 180psi (Pressure per Square Inch). Hal tersebut tak dipukul rata karena kepadatan ban dan jenis ban berbeda satu dengan yang lainnya.

Namun dengan sample yang sudah ada, bisa dilihat bahwa ban mobil daya tahannya akan sangat ditentukan dengan kondisi ulir dan ketebalannya. Simak dulu eksperimennya, otolovers!

 (kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER